Resolusi Monster Xperia Z5 Premium

MALANG - Belum genap satu bulan vendor Sony meluncurkan seri Xperia Z5 dan Z5 Compact, awal November ini sudah dikenalkan seri high end dengan nama Xperia Z5 Premium. Resolusi 4K Ultra HD telah diusung oleh seri paling mahal di keluarga Xperia Z ini.
Xperia Z5 Premium, kini juga telah dikenalkan oleh Sony dan resmi ditawarkan kepada pecinta gadget tanah air. Berbagai outlet, tak terkecuali di Malang telah dihiasi dengan flyer dan dummy dari ponsel ini. "Ya, paling baru ada Z5 Premium. Meskipun masih dalam tahap pengenalan dan harus inden, membuat gadgeter tertarik untuk menanyakan fiturnya," ujar Owner Shinta Cell, Setiawan.
Menurut dia, ponsel ini dibandrol Rp 12 juta. Kelebihan Xperia Z5 Premium pada resolusi 4K UHD yang mampu menampilkan gambar mencapai 2160 x 3840 pixels. Resolusi yang ditawarkan ini jauh melampaui smartphone yang ada saat ini dan Sony Xperia Z5 Premium adalah yang pertama mencapai tingkat 3840 pixel.  
Kualitas layar terbaik juga disajikan dengan panel in plane switching (IPS) yang menjadi senjata andalan menikmati berbagai jenis konten digital. Sensitivitas layar memiliki nilai tinggi karena berkemampuan multitouch hingga 10 sentuhan sekaligus. Sementara, perlindungan layar maksimal juga dihadirkan oleh fitur Scratch-resistant glass, yang mampu menahan layar dari berbagai jenis goresan. Terdapat pula lapisan oleophobic coating berfungsi mencegah berbagai jensi kotoran maupun minyak saat mengoperasikan ponsel.
"Wajar jika fitur pengamanan dan pelindung layar berlapis, harganya juga sesuai dengan kelebihan yang diberikan oleh Z5 Premium," papar dia kepada Malang Post.
Menurut dia, Xperia Z5 Premium yang kehadirannya segera menyusul.Z5 Compact yang kini sudah beredar di Malang itu, dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810. Dapur pacu ponsel ini berjenis Octa Core dimana terdiri dari 2 buah inti processor Quad Core. Kedua prosesor tersebut, Quad-core berkecepatan 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core bertenaga 2 GHz Cortex-A57.
"Jika ditotal kinerja processor dapat mencapai 2.5 GHz. Kekuatan processor ini sangat mumpuni melibas berbagai jenis aplikasi maupun game," urai dia.
Dari segi grafis diperkuat oleh GPU Adreno 430 sebagai andalan menjalankan game beresolusi tinggi. Karena fasilitas layar yang sangat memadai maka diimbangi dengan grafik processor terbaik sehingga tampilan lebih optimal. Performa maksimal juga dimunculkan dengan dukungan RAM sebesar 3 GB.
Sony Xperia Z5 Premium juga membawa spesifikasi kamera kelas atas. Berbekal kamera utama 23 MP beresolusi monster, 5520 х 4140. "Sony seperti ingin memecahkan rekor ponsel berkamera terbaik sehingga menambahkan kemampuan kamera lebih dalam seri ini. Untuk menghasilkan gambar terbaik, kamera utama telah disertai fitur autofocus dan LED flash, hal ini menandakan Sony belum tertarik menggunakan Dual LED Flash," tambah Iwan, sapaan akrabnya.
Pada sisi kamera depan diperkuat dengan 5.1 MP untuk pengguna yang cinta selfie maupun video call. Kualitas hasil jepretan tak perlu diragukan karena resolusi mencapai 1080p dengan HDR. Fitur lain yang terdapat dalam kamera ponsel ini adalah HDR, panorama Geo-tagging, touch focus dan tentunya face detection.
Segi konektivitas yang pertama adalah fitur Single SIM berjenis Nano-SIM yang mendukung jaringan 4G LTE. Wifi didukung dengan dual-band dan memiliki segudang fitur lengkap seperti juga lengkap Wi-Fi Direct, DLNA dan hotspot. Untuk berbagi file dapat menggunakan NFC maupun Bluetooth versi terbaru yaitu 4.1. Sedangkan untuk navigasi disediakan GPS untuk memenuhi kebutuhan gadgeter. (ley/han)