Launcher Laris Berbobot Ringan

MALANG - Pengguna Android, terkadang bisa merasa bosan dengan tampilan bawaan sistem operari Android. Alhasil, banyak produsen aplikasi yang menawarkan aplikasi system launcher untuk membuat pengguna bisa melakukan custom pada tampilan smartphone-nya. Ada banyak jenis launcher Android yang bisa dipilih, baik berbayar maupun secara gratis di Play Store.
"Ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Setiap aplikasi launcher membawa kelebihan berbeda, tergantung kemahiran developer dalam memberikan sentuhan icon dan membenamkan fitur pada launcher yang dibuat," ujar Pengamat Gadget, Jeffri Gigih.
Launcher merupakan pilihan aplikasi yang bisa dipasang di sistem smartphone. Tujuannya, memberikan variasi penampilan pada layar atau home screen perangkat dan tidak mengandalkan tampilan bawaan dari smartphone.
Beberapa pilihan launcher, direkomendasikan dengan berbagai alasan. Misalnya, ukuran yang kecil sehingga tidak memberatkan kinerja ponsel. Tidak harus terbaik tetapi memiliki ukuran besar, malah bisa membuat Android melambat.
"Oleh sebab itu, harus pintar memilih launcher android paling ringan. Banyak sekali launcher android yang bisa dipilih, misalkan Atom Launcher dan Buzz Launcher," papar dia kepada Malang Post.
Jeffri mengusulkan Atom Launcher pada daftar teratas karena bobotnya ringan sehingga tidak mengganggu kinerja RAM. "Atom Launcher adalah launcher yang memiliki tampilan minimalis dan bersih. Desain tidak terlalu cerah sehingga tidak memakan tempat di direktori ponsel karena hanya berukuran 20 MB saja," ujarnya.
Berikutnya, pria yang bekerja di iFind Reseller ini mengusulkan Buzz Launcher. Salah satu launcher terbaru yang menawarkan berbagai jenis tema dan latar belakang secara gratis. Fitur Homepack yang ada di aplikasi ini memudahkan mengganti homescreen dengan mudah. Aplikasi ini sangat mudah diubah, sehingga memberikan kebebasan lebih untuk mengganti tampilan Android
Dia menyebutkan, Google Now Launcher juga layak menjadi pilihan. Pasalnya, selain berbobot ringan, tampilan ponsel akan tampak rapi tanpa ada kesan berlebihan. Transisi fungsi geser dapat dilakukan dengan halus.
"Fiturnya yang terkenal bagi gadgeter ada untuk membereskan tampilan dengan hanya mengucapkan 'OK Google'," sebut dia.
Menurut Jeffri, Action Launcher Pro menjadi pilihan berikutnya. Aplikasi itu menawarkan berbagai fitur yang canggih dari sebuah launcher. Launcher akan mengganti direktori aplikasi ke homescreen.
"Fitur Shutter yang ada di launcher ini mempermudah menggunakan widget yang ada di ponsel. Sayangnya, untuk pilihan ini harus membayar agar bisa menikmati seluruh fitur di Action Launcher Pro," pungkas dia.(ley/han)