Ubah TV Lawas Jadi Pintar

MALANG POST - Sistem operasi Android tak cuma bikin ponsel jadi lebih cerdas, tapi juga membuat perangkat TV lawas yang ada di rumah kita jadi pintar. Tentunya dengan bantuan sebuah alat.
Alat atau perangkat dengan OS milik Google ini bahkan bisa membuat sebuah TV lawas, yang masih berbentuk tabung sekalipun, berubah jadi digital media yang bisa untuk main game, internetan, hingga menjalankan aplikasi.
Perangkat untuk membuat TV biasa itu jadi smart device telah diwujudkan oleh Kata, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, dalam bentuk sebuah kotak mini yang diberi nama Kata Box.
“Perangkat ini memberi arti baru tentang hiburan di rumah. Dengan aplikasi hiburan dan game yang ada di dalamnya, benar-benar akan mengajak Anda untuk masuk dan menjelajahi dunia baru yang luar biasa,” kata Alex Prasetio, General Manager Kata Digital.
Teknologi yang dibungkus dalam Kata Box memang diciptakan untuk home entertainment. Untuk membuat TV lawas jadi media pintar, cukup menyambungkan alat ini dengan menggunakan kabel AV. "Selain bisa di TV biasa, Kata Box juga bisa digunakan di Smart TV dan Plasma TV," lanjut Alex seperti dilansir detikINET.
Jika pengguna memiliki televisi LCD, maka Kata Box dapat mengonversi televisi menjadi lebih pintar dengan internet. Caranya juga praktis, hanya dihubungkan ke router WiFi dan bisa mengunduh aplikasi film, atau mengakses akun Facebook atau YouTube.
Disebutkan olehnya, Kata Box sudah diluncurkan di Filipina. Seperti dilansir detikINET saat berkunjung ke Singapura, pekan lalu, perangkat ini juga sudah mulai dijual di negara itu, selain tentunya di Indonesia.
Mengusung platform Android Kitkat 4.4., perangkat ini dilengkapi juga dengan Graphic Processing Unit (GPU) Mali 450 dan prosesor 1,5GHz quad-core Amlogic S805.
Kata Box bukan hanya menyasar para fans konten digital, tetapi juga penggemar ponsel pintar atau smartphone. Penggunanya kini makin terkoneksi dengan saluran video secara cepat untuk menonton konten video favorit, serial televisi, atau film.
Kelebihan lainnya, perangkat ini dilengkapi remote control, keyboard nirkabel dan pengendali game sehingga memungkinkan untuk menikmati permainan favorit. Kata Box juga dibekali dengan internal RAM 1GB dan 8GB ROM, yang memberi ruang terbuka untuk menyimpan video.
"Target penggunanya kelas menengah karena harganya cuma di bawah Rp 1 juta, tepatnya USD 69. Kami pasang target penjualan 2.000 unit per bulan," pungkas Alex, Jumat (13/11/2015). (dtc/feb)