Masuk Industri Musik, Luncurkan YouTube Musik

Industri musik saat ini sepertinya mulai bergairah lagi, terlebih di era digital semakin banyak perusahaan yang menyediakan layanan music streaming. Beberapa layanan yang populer saat ini seperti Spotify, Guvera, dan Apple Music kini telah mendapatkan jutaan pelanggan. Tak ingin kalah, Google juga masuk ke industri musik dengan meluncurkan aplikasi YouTube Music.
Sebelumnya Google telah meluncurkan layanan YouTube Red, dan kini mereka meluncurkan kembali layanan terkait YouTube, namun ditujukan khusus untuk para pecinta musik. Layanan YouTube Music kini sudah tersedia untuk platform Android dan iOS.
YouTube Music dirancang khusus agar pengguna dapat lebih mudah mencari musik yang mereka sukai serta memberi akses yang lebih mudah kepada pengguna agar dapat mengakses salah satu katalog musik terlengkap yang ada di pasaran saat ini. Dengan layanan ini, pengguna dapat menemukan video musik, track, artis, dan album dengan mudah.
Tak hanya itu saja, pengguna juga dapat mengakes remix, lirik video, cover dan rekaman saat konser yang YouTube tawarkan kepada pelanggan. Google Juga memungkinkan pengguna Android dan iOS untuk meningkatkan pengalaman mereka dengan membership YouTube Red, mereka juga dimukinkan mendengarkan musik secara offline dan beralih cepat antara video ataupun hanya audio saja.
Selain itu, layaknya pemutar musik bawaan, YouTube Music juga dapat tetap memainkan musik yang sedang pengguna putar, meski harus beralih ke aplikasi lain seperti BBM, atau Instagram. Pada saat keadaan layar mati, YouTube Music juga masih dapat memutar musik yang sedang pengguna mainkan.
Aplikasi YouTube Music untuk platform Android dapat diunduh gratis melalui Google Play Store, dan aplikasi ini kompatibel dengan semua perangkat yang menjalankan OS Android 4.0 ke atas. Sedangkan untuk perangkat iOS, YouTube Music juga dapat diunduh secara gratis melalui App Store dan dapat berjalan dengan baik pada perangakat yang minimal telah menjalankan sistem operasi iOS 8.0.
Meski dapat diunduh secara gratis dan mendapatkan layanan gratis selama 14 hari, namun kedepannya pengguna akan dikenakan biaya perbulan seperti kebanyakan layanan music streaming. Terlebih, layanan YouTube Music juga belum hadir di semua negara, hanya beberapa negara saja yang mendapatkan layanan ini.(brt/han)