Roar Usung Layar Hemat Energi

MALANG - Pekan ini, vendor Coolpad resmi meluncurkan produk entry level terbarunya untuk pasar Indonesia bernama Coolpad Roar A110. Sebagai andalan di segmen bawah, harga Coolpad Roar dipatok dengan bandrol kompetitif dan telah mengusung fitur layar One Glass Screen (OGS)
Owner Shinta Cell Setiawan mengatakan, Coolpad Roar A110 merupakan seri gres dari vendor tersebut. Pasca dikenalkan, seri ini pun sudah mulai menghiasi pasar gadget lokal, tak terkecuali di Malang.
"Coolpad Roar merupakan seri low end. Namanya hampir sama dengan Coolpad Soar, yang merupakan seri high end," ungkapnya.
Menurut dia, selain unggul soal harga yang dipatok hanya Rp 1,399 juta, ponsel ini telah berbalut layar in plane switching (IPS) OGS. Fitur layar ini baru pertama kali diusung oleh Coolpad dengan kelebihan pada hasil tampilan layar yang tetap jernih meskipun tertimpa sinar matahari. "Tidak perlu diterangkan kecerahannya, sudah sangat jelas. OGS juga lebih hemat energi," ujarnya kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Iwan ini menyebutkan, perangkat dengan bentang layar 4,5 inci ini juga menarik dalam hal desain. Casing terbuat dari bahan plastik dan tampil ergonomis, dengan tekstur lembut yang ramah di tangan.
Sementara itu untuk fitur fotografi, Coolpad Roar A110 menyuguhkan kamera utama dengan resolusi 5 MP yang didukung beberapa fitur seperti beauty mode plus V shot dan Smile Gesture.
Sementara di area depan, smartphone ini menampilkan resolusi kamera 2 MP. Di antaranya smile shoot dimana pengguna hanya perlu tersenyum untuk mengambil gambar, serta “V Shot”, yakni dengan membentuk huruf  “V” menggunakan dua jari Anda. Dengan adanya fitur ini, berfoto selfie semakin mudah karena tidak perlu menekan tombol.
"Ada fitur kamera yang memudahkan pengguna dalam mengambil gambar seperti Smile Gesture," urai dia.
Fitur menarik lainnya adalah smart gesture, dimana pengguna hanya perlu membuat beberapa pola untuk mengakses suatu aplikasi saat layar dalam keadaan mati. Seperti menggambar huruf C untuk membuka kamera dan huruf  M untuk membuka pemutar musik. Selain itu pengguna juga bisa membuat gesture menggunakan 3 jari lalu tarik layar secara vertikal (Atas ke bawah), maka smartphone akan mengambil screen shoot.
Pada sisi dapur pacu, smartphobe ini ditenagai chipset MediaTek MTK6580 dengan prosesor Quad Core dengan kecepatan 1.3 GHz. Untuk membantu performa smartphone ini, sang vendor menanamkan RAM 1 GB.
Coolpad Roar A110  berbalut memori internal berkapasitas 8 GB dan ditunjang dengan slot microSD sebagai alternatif ruang penyimpanan tambahan. Kapasitas yang disiapkan mencapai 32 GB, standar sesuai dengan harga ponsel.
Dia menambahkan, untuk sistem operasi yang dibenamkan telah mengusung teknologi laris saat ini, Android 5.1 Lollipop. Bertandem dengan antarmuka Coolpad yang bernama Cool UI, pengguna dibuat tidak bosan bertemu dengan tampilan standar Google yang terkesan seragam.
Sementara itu, konektivitas yang dibenamkan dalam smartphone ini tak jauh berbeda dengan Android lain pada umumnya mulai dari Bluetooth, WLAN, GPS dan koneksi internet masih memakai 3G/HSDPA.(ley/han)