Flagship P8 Usung Chipset Buatan Sendiri

MALANG - Satu lagi smartphone flagship asal Tiongkok yang hadir mewarnai peta persaingan smartphone premium jelang akhir ini. Huawei meluncurkan smartphone tipe Huawei P8 yang mengandalkan desain sebagai daya tarik, selain jeroannya dipersenjatai chipset yang mereka kembangkan sendiri yaitu HiSilicon Kirin 935.
"HiSilicon Kirin 935 merupakan pengembangan dari chipset Kirin 930 yang sempat menjadi chipset tercepat di dunia. Kemampuannya dapat mengimbangi processor Exynos 7420, dan Qualcomm Snapdragon 810," ujar Customer Service Tiga Putra, Dwi Astuti.
Dia menyampaikan, chipset yang terdiri dari 8 Inti processor tersebut memadukan processor 64 Bit Quad Core 2 GHz Cortex-A53, dan Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53 . Alhasil, peformanya tetap bertenaga dan lebih efesien saat dibebani aplikasi dan game berat. Selain itu Huawei juga menambahkan RAM 3 GB untuk menyempurnakan ponsel seharga Rp 6,5 juta ini.
Menurutnya, Huawei memberi memori internal 16 GB dan pengolahan grafis Mali-T628 untuk menambah peforma Huawei P8 dalam mengeksekusi semua aplikasi serta game yang dijalankan penggunanya. Peformanya akan terasa lebih cepat, dan memiliki kinerja mulitasking lebih mulus berkat sistem operasi Android Lollipop 5.0.2 yang dipadukan user inteface Emotion UI.
Hadirnya fitur Dual Sim bisa menjadi salah satu kelebihan Huawei P8 untuk bersaing melawan smartphone flagship lainnya, yang rata-rata hanya mendukung satu buah SIM card. Sektor baterai, mengusung baterai bertipe Li-Po dengan kapasitas 2600 mAh. "Ukurannya memang cukup kecil, namun menunjukkan bila dapur pacu yang dimiliki Huawei P8 mampu tampil lebih efesien, sehingga tak perlu baterai berukuran terlalu besar," tambahnya.
Huawei P8 mengusung unibody dengan rangka berbahan metal yang dibuat sangat tipis, 6.4 mm. Mengikuti tren yang ada sekarang ini, Huwei juga melengkapinya body belakang dengan lapisan kaca Gorilla Glass 3 yang menambah kesan premium dan elegan. Sementara untuk layar depannya, menggunakan layar berteknologi IPS LCD berukuran 5.2 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels, dan sudah dilapisi Gorilla Glass 3.
Pada kamera, sudah disediakan kamera belakang berkekuatan 13 MP yang dibekali fitur autofocus, optical image stabilization, dan dual-LED (dual tone) flash. Sedangkan kamera depannya  unggul dengan kamera berlensa 8 MP sebagai sarana foto selfie. "Kamera menjadi daya tarik ponsel ini, selain desainnya yang cantik," pungkas dia. (ley/han)