Luncurkan Duo Pesaing MackBook

Meski pasar notebook kini sedang tak seramai  smartphone, namun tidak menyulutkan niat perusahaan asal negeri Ginseng, Samsung yang baru-baru ini telah meluncurkan duo pesaing berat MacBook, yakni Samsung Ativ Book 9 Pro dan Ativ Book 9 Spin. Keduanya akan bersaing dengan MacBook Pro dan MacBook Air.
Sebagaimana dilaporkan CNET, Selasa (17/11/2015), kedua komputer jinjing besutan Samsung ini didesain khusus sehingga dapat bersaing dengan MacBook besutan Apple. Tak hanya dari segi desain saja yang premium, kedua laptop jinjing ini juga dibekali dengan dapur pacu yang gahar.
Ativ Book 9 Pro, pesaing berat MacBook Pro ini hadir dengan layar sentuh seluas 15.6 inci beresolusi 3,840 x 2,160 piksel atau sering disebut 4K. Sedangkan Spin hadir dengan layar sentuh seluas 13 inci beresolusi tinggi yang akan bersaing langsung dengan MacBook Air. Engsel layar Ativ Book 9 Spin dapat berputar 360 derajat sehingga perangkat ini dapat difungsikan layaknya tablet.
Keunggulan dari kedua perangkat ini, body yang membalut keduanya terbuat dari aluminium yang sangat kaku, sehingga untuk aktivitas mobile laptop ini sangat nyaman digunakan. Sama seperti MacBook, laptop ini disematkan mesin satu blok dari aluminium sehinga membuatnya tampak ramping jika dilihat dari samping.
Port yang ada pada kedua laptop ini juga termasuk lengkap, Spin memiliki tiga buah port USB 3.0, dan socket HDMI, sedangkan Pro memiliki slot SD, USB Type-C, serta Display Port 1,2 untuk video. Pada bagian jeroannya, keduanya dibekali dengan otak yang sangat mumpuni, yakni prosesor Quad Core Intel Core i7 dan NVidia GeForce yang dipadukan dengan RAM sebesar 8GB serta SSD sebesar 256GB. Menariknya, laptop jinjing keluaran Samsung ini juga dilengkapi dengan empat buah speaker.
Soal ketahanan, Samsung Ativ Book 9 Pro dan Spin diklaim mampu bertahan selama 8 hingga 12 jam. Keduanya akan mulai dikapalkan ke Amerika Serikat pada November ini. Sedangkan untuk harganya, Samsung Ative Book 9 Pro akan dipatok seharga USD 1,599 (Rp 22 juta), sedangkan untuk Samsung Ative Book 9 Spin dipatok seharga USD 1,399 (Rp19,2 juta).(brt/han)