Spesifikasi Premium, Harga Hanya Rp 1,2 Juta

Smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi biasanya dipatok dengan harga yang tinggi pula, namun saat ini banyak vendor smartphone asal Tiongkok yang meluncurkan smartphone murah namun memiliki spesifikasi menggiurkan. Kali ini smartphone dari Tiongkok yang menawarkan spesifikasi tinggi namun dipatok dengan harga murah.
Smartphone tersebut ialah, Umi Rome yang hanya dibanderol USD 90 atau sekitar Rp 1,2 juta. Menurut sebagian orang, harga untuk smartphone ini terbilang terlalu murah, bahkan sangat murah jika dibandingkan dengan smartphone asal Tiongkok lain yang memiliki spesifikasi setara.
Jika ditilik dari spesifikasi yang diusung, Umi Rome setara dengan smartphone keluaran Meizu, yakni Meizu M2 Note. Umi Rome mengusung frame yang terbuat dari metal, body bagian belakang pada kedua sisinya sedikit melengkung yang meniru bentuk dari Galaxy Note 5. Ketebalan smartphone ini hanya 7.9mm yang sudah terbilang tipis.
Umi Rome datang dengan layar amoled seluas 5,5 inci beresolusi HD 720 dengan kerapatan 267ppi, layar yang diusung memang tidak begitu istimewa, namun melihat dari harganya, layar yang diusung smartphone ini sudah lebih dari cukup. Bahkan panel layarnya sudah dilapisi kaca 2.5D dengan jenis curved.
Nah untuk jeroannya, Umi Rome bahkan dijejali dengan berbagai hardware yang saat ini seharusnya smartphone ini berada di kisaran harga Rp 2 juta. Sebut saja chipset MT6753 MediaTek yang memiliki prosesor octa core 64 bit dengan ARM Mali T-720 GPU (Chip ini sama dengan yang diusung oleh Meizu M2 Note). Selain itu, Umi Rome juga hadir dengan RAM sebesar 3GB dan memori internal sebesar 16GB yang masih dapat diperluas menggunakan micro SD hingga 128GB.
Di bagian fotografi, smartphone murah ini dibekali dengan kamera utama 13MP sensor Sony IMX164 yang dilengkapi pula dengan dual tone LED flash. Sedangkan untuk keperluan selfie atau video call, smartphone ini memiliki kamera depan 2MP. Tak kalah menarik, smartphone ini sudah menjalankan Android 5.1 Lollipop yang telah sedikit mengalami kustomisasi serta didukung dengan baterai berkapasitas 2.500mAh.
Dari siaran pers yang dikirimkan oleh pihak UMI, dikatakan bahwa perangkat tersebut akan diluncurkan bulan depan. Reputasi UMI hingga saat ini pun terbilang baik dengan smartphone murah besutannya namun memiliki spesifikasi yang tak bisa dianggap remeh.(brt/han)