Jami Kemudahan Membuat dan Mengunggah Video

JAKARTA - Pertama untuk Indonesia YouTube dan Loop powered by Telkomsel, kemarin meluncurkan YouTube Broadcast Box di Surabaya. YouTube Broadcast Box adalah studio mini yang dilengkapi dengan kamera profesional, props, dan peralatan editing untuk menyediakan praktik langsung bagi komunitas yang ingin mendapatkan pelatihan menyeluruh tentang meraih sukses melalui YouTube.
Inisiatif ini diluncurkan sebagai bagian dari roadshow Telkomsel Loop 2015, di mana Broadcast Box telah hadir di Jakarta dan Bandung. YouTube juga menyediakan workshop digital di Medan dan Makassar.
Di dalam YouTube Broadcast Box, para kreator dapat mempelajari kemudahan membuat dan mengunggah video ke situs YouTube, dengan panduan langsung dari pakar video. Setelah membuat video, mereka bisa mengikuti workshop di mana para pakar dari YouTube akan berbagi tips dan trik untuk mengembangkan channel melalui YouTube Partnership Program, serta melindungi konten mereka di dunia maya. Workshop ini juga mengundang kreator-kreator YouTube lokal yang telah menguasai seni membuat video viral di media maya.
“Meski kami melihat pertumbuhan luar biasa untuk jumlah video yang diunggah di YouTube tahun ini, masih ada banyak potensi yang bisa digali dari kreator dan calon kreator Indonesia untuk meraih sukses melalui YouTube. Broadcast Box didesain dengan memikirkan karakter kreator Indonesia yang selama ini kami amati, agar mereka bisa memaksimalkan apa yang ditawarkan platform ini. Kami juga tak sabar melihat hadirnya bintang-bintang YouTube berikutnya dari luar Jakarta,” kata Veronica Utami, Head of Marketing, Google Indonesia.
Kreasi konten dari Indonesia tengah berada dalam garis pertumbuhan yang sangat pesat, dengan jumlah video yang diunggah ke YouTube meningkat hingga 600% sejak tahun lalu—tertinggi di Asia- Pasifik. YouTube Broadcast Box diharapkan akan membuka peluang lebih besar bagi komunitas kreatif di luar Jakarta yang ingin berinteraksi secara langsung dengan tim YouTube, menjawab tiga hal yang paling banyak ditanyakan oleh kreator Indonesia━pengarahan teknis, memaksimalkan fitur, dan melindungi konten.
Nirwan Lesmana, Vice President Marketing Communications Telkomsel berkata, “Kami percaya anak muda Indonesia memiliki banyak potensi, maka kami menghadirkan Loop yang didedikasikan untuk anak- anakmuda,” tegas dia.
Secara konsisten, Loop telah memfasilitasi kreativitas mereka melalui berbagai channel, seperti melalui Loop Channel dan gelaran Loop KePo, agar di era digital ini mereka bisa menjadi digital creator dan bukan hanya sebagai konsumen. Dengan YouTube sebagai platform video populer di kalangan anak muda, Broadcast Box membuka peluang bagi mereka untuk belajar dan mengembangkan kreativitas mereka dalam membuat konten audio visual, dan oleh karenanya kami sangat senang bisa menjadi bagian dari inisiatif ini,” pungkas dia. (you/feb)