Tune Z3 Sasar Gadgeter Low End

MALANG - Sistem operasi (OS)  menjadi salah satu patokan gadgeter yang akan berburu gadgeter. Hal itu membuat vendor gadget, memperhatikan keinginan customer dengan meluncurkan smartphone yang sudah mengusung OS kekinian, yang memberikan jaminan penampilan layar pada smartphone. Seperti halnya Treq yang hadir dengan seri Tune Z3.
"Saat ini, OS paling minimal KitKat. Masih terhitung laris dan cocok, terutama untuk memenuhi pengguna low end," ujar Promotor Treq Cyber Mall, Ayunik MS.
Pada seri ini, vendor local itu memberikan peningkatan sistem operasi (OS) dan kamera yang lebih besar resolusinya ketimbang generasi sebelumnya. Terdapat peningkatan spesifikasi pada beberapa fitur. "Terutama fitur favorit pengguna gadget, seperti OS dan kamera yang kini menjadi 8 MP,” tambahnya.
Dia menuturkan, pemberian Android KitKat masih relevan, untuk menopang sang pengguna yang hobi berselancar di dunia maya. Tampilan user interface smartphone masih bagus dengan OS ini. “Kualitas online sangat bagus dengan KitKat. Sehingga, aktivitas di dunia maya pasti lebih cepat dan lancar ketimbang Tune Z2,” imbuhnya.
Menurutnya, Treq juga memberikan resolusi bagus pada sisi kamera. Smartphone murah ini pun bisa mencuri perhatian pecinta gadget. “Khususnya penggemar gadget yang tidak memikirkan brand besar yang memiliki harga mahal. Sama seperti sasaran ponsel ini adalah pengguna pemula, seperti kebanyakan seri Treq,” urai dia panjang lebar.
Perempuan yang akrab disapa Ayu ini menyebutkan, kamera 8 MP telah mendapatkan sokongan LED flash untuk menjamin hasil jepretan berkualitas. Terutama ketika fitur ini dioperasikan di dalam ruangan, yang terkadang minim cahaya, hasilnya masih maksimal “Tetapi untuk kamera depannya masih sama, yakni VGA saja,” sebut dia kepada Malang Post.
Treq Tune Z3 berbekal prosesor Quad Core 1.0 GHz dengan RAM 512 MB dan memori internal 4 GB. RAM dan prosesor yang kecil tertolong dengan tersedianya memori eksternal yang bisa dimaksimalkankan hingga delapan kali lipat dari memori internal. Alhasil, perangkat tetap lega dipasangi beragam aplikasi. “Maksimalkan aplikasi penting di sisi internal. Sedangkan file multimedia seperti foto dan MP3, alihkan di slot MicroSD saja,” tegas Ayu.
Konektivitas yang ditawarkan perangkat ini meliputi 3G, WiFi, portable hotspot, GPS dan Micro USB. Semua kinerja aplikasi mendapatkan sokongan baterai berkapasitas 1.600 mAh,meningkat ketimbang Tune Z2 yang masih 1.250 mAh. Harga dari Tune Z3 ini dipatok Rp 815 ribu. (ley/feb)