Ciptakan Pin ala Star Trek

Raksasa teknologi Google sedang mengembangkan perangkat purwarupa wearable yang mirip dengan alat komunikasi di kisah fiksi Star Trek. Di kisah saga Star Trek para tokoh menggunakan perangkat kecil seperti lencana yang disematkan di baju mereka untuk berkomunikasi dengan para kru dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.
Nah, Google mencoba menerapkannya dengan menggunakan perangkat berbentuk pin yang sudah disematkan mikrofon dan koneksi Bluetooth agar bisa terhubung ke ponsel pintar. Eksekutif Google Amit Singhal mengatakan, konsep perangkat wearable ini tujuannya untuk menguji cara baru bagaimana para pengguna berinteraksi dengan pencarian suara.
Ya, pin Google ini dibikin agar pengguna bisa melakukan penelusuran di mesin pencari Google dengan lebih mudah tanpa harus mengeluarkan ponsel. Berbentuk bulat warna hitam, pin 'Star Trek' Google ini rencananya bakal dikenakan di dada dan diaktifkan dengan ketukan ringan. Mengutip situs Time, ia bisa mengeluarkan suara melakui speaker atau melalui sambungan perangkat headphone.
"Saya selalu menginginkan pin Star Trek itu," ungkap Singhal. "Anda tinggal bilang sesuatu dan semuanya berfungsi dengan baik. Dari situ kami langsung berniat untuk membuat purwarupa dan lihat sendiri bagaimana sensasinya," tambahnya.
Perangkat pin 'Star Trek' milik Google dinilai cukup menggambarkan sejauh mana raksasa teknologi ini rela 'menciptakan' masa depan yang serba praktis, khususnya aktivitas penelusuran internet. Para teknisi Google sejak lama menunjukan obsesi mereka terhadap saga Star Trek yang mereka anggap sangat menginspirasi. Selain alat komunikasi pin kecil, Google juga mengaku terinspirasi oleh komputer cerdas yang berada di pesawat Starship Enterprise.
Kabarnya, sejumlah perusahaan besar seperti Apple, Facebook, Microsoft, dan Amazon juga sedang memikirkan untuk melakukan pengembangan perangkat pintar serupa.(cnn/han)