Tergolong Update, Gadgeter Tunggu P1 dan P1m

UNGGUL DI BATERAI: Ponsel ini ditopang baterai dengan kapasitas 5000 mAh untuk P1 dan 4000 mAh di seri P1m.

MALANG - Belum lama ini, vendor Lenovo meluncurkan beberapa smartphone anyar yang memiliki keunggulan berbeda. Seperti seri yang unggul pada kapasitas baterai, Lenovo memiliki seri P1 dan P1m. Pasca penjualan pre order berakhir medio September lalu, ponsel ini tengah ditunggu kehadirannya di pasar gadget offline lokal
"Lenovo selalu membuat penggemarnya penasaran. Seperti saat ini, ada Lenovo P1 dan versi di bawahnya, P1m yang ditunggu gadgeter," ujar Pengamat Gadget sekaligus pemilik Karna Jaya Cell, Badri.
Menurut dia, hal itu bisa terjadi karena fitur dari smartphone itu memiliki nilai lebih dan reviewnya telah beredar di dunia maya. Dari sana banyak yang bertanya akan seri ini, terutama kehadirannya di pasar lokal. "Gadgeter di Malang ini juga sangat update. Malahan kami sering baru mencari, setelah mendapat input dari mereka," papar dia kepada Malang Post.
Untuk keduanya, menurutnya, keunggulan pada sektor baterai. Penopang daya hidupnya telah terpasang dengan baterai berkapasitas 5000 mAh untuk seri P1, dan sebesar 4000 mAh di seri P1m. Kapasitas yang terhitung sangat bagus dan besar untuk memanjakan penggunanya.
"Umumnya baterai smartphone antara 2000 mAh sampai dengan 3000 mAh. Ini hampir dua kali lipatnya dengan harga di kisaran Rp 2 jutaan," papar dia.
Badri menjelaskan untuk seri Lenovo Vibe P1, spesifikasi pertama pada bagian layar smartphone telah dibekali dengan bentang layar sebesar 5 inci. Layar tersebut mengadopsi panel teknologi In Plane Switching (IPS) LCD. Kejernihan bagian layar tersebut akan semakin terpancar dengan adanya resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, sehingga kerapatan gambar yang dhasilkannya mencapai 401 pixel per inch. Sektor layar ini juga bisa sangat aman dari goresan. Pasalnya sang vendor telah memasanginya dengan menggunakan pelindung berupa Corning Gorilla Glass versi ke 3.
Untuk bagian kamera utama dari smartphone ini mempunyai ukuran resolusi sebesar 13 MP legkap dengan dukungan phase-detection auto focus dan juga dual tone LED Flash. Dengan begitu bisa dipastikan jika hasil bidikan pengguna akan cukup sempurna. "Keduanya telah terpasang kamera dengan ukuran resolusi sebesar 5 MP," papar dia kepada Malang Post.
Sebagai sistem operasi, dua ponsel ini telah menggunakan Android Lollipop yang meggunakan antar muka Vibe UI. Fitur ini untuk membantu koneksi, termasuk menerima aplikasi terbaru dengab lancar dan tanpa sela.
Sementara itu sebagai otak dari kinerjannya mengandalkan CPU Octa Core besutan ARM Cortex-A53 yang akan mampu berjalan dengan kemampuan 1,3 GHz. Untuk penopang aktivitas multitasking pengguna sepenuhnya ditanggung dengan RAM berkapasitas 2 GB.
Untuk urusan penyimpanan, Lenovo telah menyediakan memori internal dengan kapasitas 16 GB. Juga masih tesredia slot microSD untuk tempat perluasan media penyimpanan yang dimilikinya tersebut. Smartphone ini juga mempunyai optional dual SIM seperti kebanyakan smartphone yang ada saat ini. Sedangkan untuk penunjang konektivitasnya juga tersedia bluetooth, microUSB, wifi GPS. (ley/han)