BlackBerry Leap Hadir dengan Koneksi 4G

MALANG - Kabar baik bagi gadgeter yang termasuk penggemar BlackBerry. Pasalnya, salah satu seri dari pabrikan yang berbasis di Kanada ini telah menghiasi pasar lokal. BlackBerry Leap, sejak November lalu menambah varian ponsel yang terkenal dengan layanan BlackBerry Messenger tersebut.
Customer Service Apollo Gadget Store Malang Plasa, Vika Alun Nur Fitri menuturkan, BlackBerry Leap cukup lama dinanti penggemar BlackBerry. Pasalnya, seri ini sudah dikenalkan sejak semester pertama 2015, namun baru resmi diluncurkan di semester kedua. "Hadir di tingkat lokal juga mesti menunggu sekitar dua bulan lebih," tuturnya.
Menurut dia, BlackBerry Leap pertama kali hadir dengan penjualan pre-order medio Oktober. Sedangkan untuk masa pengirimannya ke konsumen akan mulai dilakukan awal November. "Baru sejak pertengahan bulan lalu, hadir secara offline," terang dia kepada Malang Post.
BlackBerry Leap hadir dengan keunggulan koneksi 4G. Dengan fitur itu, menunjukkan bila BlackBerry ingin memberikan koneksi data super cepat pula, layaknya kompetitor yang bermain di kelas Android.
"Daya tarik BlackBerry ini adalah teknologi 4G LTE, sehingga pengguna bisa mengakses data atau berinternetan dengan super ngebut. Sedangkan untuk fitur standar ponsel seperti wifi, bluetooth, GPS, browser, jaringan 2G, 3G HSDPA dan port USB," jelas dia.
BlackBerry Leap dibekali layar yang memiliki bentang 5 inci beresolusi HD 720×1280 piksel. Sedangkan untuk kerapatan layar mencapai 294 piksel per inci dengan teknologi super Amoled. "Tampilan layar sangat jernih dan tajam berkat balutan teknologi Super Amoled. Untuk tampilan antarmuka tidak akan jauh berbeda dari smartphone BlackBerry sebelumnya, sebab untuk sistem operasi yang digunakan masih memakai OS BlackBerry 10.3.1," urainya panjang lebar.
Sementara pada sektor dapur pacu, sang vendor masih menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon S4 MSM8960 dengan mengusung prosesor Dual Core krait, yang memiliki kecepatan 1.5 Ghz. Prosesor ini dikombinasikan dengan pengolah grafis GPU Adreno 225. "RAM juga memiliki kapasitas lebar, sebesar 2 GB. Akan sangat membantu aksi multitasking pengguna," tambah dia.
BlackBerry Leap yang memiliki dimensi 144 x 72.8 x 9.5 mm dengan bobot 170 gram tersebut telah dibekali dengan pengolah gambar yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan kamera belakang beresolusi 8 MP dan kamera depan beresolusi 2 MP. Kamera depan bisa digunakan untuk video call dan foto selfie, sedangkan untuk kamera belakang bisa digunakan memotret dengan hasil yang lebih jernih berkat adanya dukungan LED flash dan auto focus.
Tidak ketinggalan untuk sumber daya telah memakai baterai yang bersifat non-removeable atau baterai tanam berkapasitas 2.800 mAh. (ley/han)