Up Grade RAM Jadi 2 GB

MALANG – Belum lama ini, produsen Acer telah memiliki beberapa koleksi smartphone yang mengusung sistem operasi terbaru, Android Lollipop. Salah satunya bernama Liquid Z520, yang memiliki RAM 1 GB. Tidak sampai satu semester, ternyata sang vendor sudah meng-up grade seri tersebut dengan RAM menjadi 2 GB, sehingga kian tangguh untuk menopang kinerja ponsel.
Owner Shinta Cell, Setiawan mengatakan, seri tersebut hanya dalam waktu empat bulan menjadi satu seri terlaris Acer.
"Liquid Z520 ini digemari oleh gadgeter. Akan tetapi RAM 1 GB terasa kurang besar," ujarnya.
Menurut dia, RAM yang meningkat langsung menegaskan keunggulan smartphone tersebut dan semakin menarik perhatian penggemar. Jaminan ponsel tidak lemot ketika digunakan untuk aksi multitasking, kini membuat ponsel Rp 1,4 jutaan ini terasa kian sempurna. 3-4 aplikasi berjalan bersamaan, masih terasa nyaman dan tidak membuat baterai cepat panas.
"Yang pasti hardware hadir semakin tangguh. Game HD pun mampu dibabat oleh up grade Z520 ini," papar dia kepada Malang Post.
Dia menyampaikan, up grade RAM menyempurnakan ponsel yang menyasar kalangan low end, dengan budget minim namun sudah mendapatkan perangkat yang tak perlu diragukan. Fitur kekinian pada sisi OS, berpadu dengan kamera dan prosesor yang tidak kalah.
Acer Liquid Z520 RAM 2 GB menggunakan OS Lollipop, yang diyakini mampu menghasilkan performa optimal dalam hal konektivitas di dunia maya. Perangkat dijamin responsif, apalagi ketika disandingkan dengan kombinasi hardware dan software yang tidak kalah berkualitas.
“OS Lollipop memiliki user interface yang lebih tajam dan bisa membantu mengoptimalkan hasrat pengguna ketika surfing internet. Penampilannya tidak akan mengecewakan dan lebih cepat ketimbang OS versi sebelumnya,” tuturnya.
Koneksi dan interface perangkat terlihat begitu memukau dalam layar berukuran 5 inci dengan jenis capacitive touchscreen. Resolusi yang dihasilkan seri ini sebesar 480 x 800 piksel dengan tingkat kepadatan mencapai 187 pixel per inch (ppi).
Perangkat ini memiliki spesifikasi hardware yang tak kalah menjanjikan. Sebagai bukti, Acer sudah memberinya dapur pacu Quad Core dari chipset Qualcomm Snapdragon 400 dengan RAM sebesar 1 GB. Sementara, memori internal memiliki kapasitas sebesar 8 GB. “Memori internal terhitung luas untuk memberikan space bagi aplikasi utama, sehingga ponsel tetap terjaga daya jelajahnya. Untuk kapasitas memori eksternal sebesar 32 GB dengan microSD bisa dimaksimalkan untuk menyimpan file multimedia seperti foto dan MP3,” jelas dia panjang lebar.
Sementara itu, untuk fitur kamera, seri ini berbekal kamera utama 8 MP dengan fitur autofocus dan LED flash. Lensa itu menjadi jaminan bagi pengguna yang kerap mengabadikan momen penting di depannya, baik yang berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Bila dioperasikan untuk indoor, bantuan flash sangat bermanfaat menghasilkan foto yang lebih terang.  
“Sedangkan kamera kedua resolusinya masih 2 MP. Tetapi sudah mampu menunjang kebutuhan selfie dan video call,” imbuhnya. (ley/han)