Mudah Edit Foto dan Video di Smartphone

MALANG - Perkembangan gadget tidak hanya memudahkan  pengguna untuk telepon, SMS atau koneksi data. Pasalnya, smartphone dengan teknologi Android pun bisa dimanfaatkan dengan fungsi layaknya laptop atau personal computer. Contohnya untuk editing video dengan memanfaatkan aplikasi yang didownload dari Play Store.
Pengamat Gadget Jeffri Gigih mengatakan, perkembangan smartphone diimbangi dengan ketersediaan aplikasi. "Seperti Google, melalui Play Store yang membantu pengguna Android untuk lebih mudah dalam mendapatkan game maupun aplikasi yang menarik," katanya.
Aplikasi tersebut ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Selain itu genre aplikasi dan game yang bisa didownload juga sangat bermacam-macam, mulai dari yang bermanfaat sampai dengan yang sifatnya untuk lucu-lucuan.
Menurut dia, salah satu jenis aplikasi yang paling banyak dicari oleh pengguna Android adalah aplikasi edit foto dan video. Sebab, kini aktivitas editing foto maupun video tak hanya bisa dilakukan di komputer atau laptop, namun bisa juga dilakukan di perangkat Android.
"Setidaknya, ada 2-3 aplikasi di deretan teratas, yang bisa didownload di Play Store. Aplikasi ini memiliki jumlah unduhan yang tinggi," bebernya kepada Malang Post.
Yang pertama, teknisi di iFind Reseller ini menyarankan VivaVideo. Aplikasi ini merupakan aplikasi edit video yang dapat menggabungkan foto dan lagu menjadi sebuah video yang paling populer. Banyak pengguna Android menggunakan aplikasi ini untuk membuat video kenangan. Pasalnya, video bisa diolah dengan baik dan memanfaatkan fitur seperti themes, filters, video effects, tittles dan transitions.
Dia menyebutkan, aplikasi Klipmix di posisi berikutnya. Menurut Jeffri, untuk jenis ini cocok bagi gadgeter yang ingin membuat gambar slide show, dengan background lagu. "Bisa memilih lagu favorit atau menyesuaikan momen foto. Misalkan saat liburan dengan lagu gembira. Sedangkan slide show pernikahan dengan lagu romantis," paparnya.
Sementata itu, terdapat pula pilihan KineMaster. Bagi pengguna Android, aplikasi edit video tersebut yang paling populer dan mendapat review bintang lima. Aplikasi ini menyediakan banyak  fitur yang diperlukan untuk editing video di Android, termasuk menggabungkan foto dan lagu hingga menjadi sebuah video.  Selain itu  memiliki beberapa fitur keren seperti penyempurnaan warna, kecerahan, saturasi, sampai dengan efek 3D.
"Sebenarnya masih banyak pilihan lain. Namun bagi pemula, tiga aplikasi ini terhitung terlaris dan terbaik. Tak  perlu pakai PC lagi, langsung dengan smartphone saja," kata dia. (ley/van)