Kian Ketat, Samsung Terdepak dari Lima Besar

Persaingan sengit antara Samsung dan Apple tidak hanya di pasar smartphone saja, namun juga di perangkat wearable seperti smartwatch. Namun persaingan sengit yang sebenarnya tidak hanya mereka berdua saja, tapi ada juga merek baru yang juga ikut meramaikan pasar smartwatch kali ini.
Dikutip dari VentureBeat, Senin (7/12/2015), data yang belum lama dirilis oleh International Data Corporation (IDC), menunjukan bahwa data penjualan perangkat wearable pada kuartal ke 3 di tahun 2015 ini (1 Juni 2015 – 1 September 2015) mengalami peningkatan.
Namun yang cukup membuat kaget adalah, nama Samsung dalam data tersebut tidak ada pada daftar 5 besar. Padahal smartwatch dari Samsung sendiri banyak dikenal oleh berbagai kalangan. IDC mengungkapkan, terjadi peningkatan sebesar 197,6 persen dari tahun lalu, di kuartal yang sama, atau meningkat dari 7,1 juta perangkat menjadi 21 juta perangkat, untuk keseluruhan angka penjualan perangkat wearable.
Pada peringkat kelima, diduduki oleh pendatang baru dari merek BBK yang terkenal dengan jam pintar buatanyna, XTC. Jam tersebut memang lebih diutamakan untuk anak-anak, namun angka penjualannya mampu melampaui Samsung, dengan angka penjualan sekitar 700 ribu unit.
Di posisi ketiga ada Xiaomi yang angka penjualannya meningkat drastis dari tahun lalu. Peningkatan yang dicapai Xiaomi sebesar 815,4% dari angka penjualan 400 ribu unit menjadi 3,7 juta unit. Sangat fantastis, apalagi perangkat wearable dari Xiaomi ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau dan kompetitif.
Pada peringkat dua, ada Apple dengan Apple Watch-nya, yang penjualannya menorehkan angka sebesar 3,9 juta unit. Sedangkan untuk posisi pertama ada merek Fitbit, dengan produk wearable-nya yang cenderung untuk aktivitas olahraga. Fitbit berhasil menduduki puncak kedudukan dengan angka penjualan 4,7 juta unit, naik dari tahun lalu yang mencapai angka 2,3 juta unit.
Untuk posisi keempat diisi oleh Garmin dengan produk wearable-nya yang mirip dengan Fitbit, cenderung untuk aktivitas olah raga. Meskipun angka penjualannya tidak tergolong banyak, Garmin masih lebih unggul dari Samsung. Garmin juga mengalami peningkatan dari 500.000 ribu unit pada tahun lalu, menjadi 900.000 unit pada kuartal ketiga tahun ini.
Padahal, kabarnya Samsung dan BBK hanya selisih 10.000 unit di angka penjualan, namun tetep saja hal tersebut membuat Samsung tersingkir dari posisi 5 besar untuk kedudukan perangkat wearable terlaris pada kuartal ketiga tahun ini.(brt/han)