Headset Mahal atau Murah, Tergantung Kebutuhan

MALANG - Bagi yang hobi mendengarkan musik melalui ipod, MP3 player ataupun smartphone, headset atau earphone menjadi perangkat yang wajib dimiliki. Berbeda dengan speaker biasa, aksesoris itu memberikan sensasi tersendiri bagi penikmat musik.
Berbicara mengenai headset atau earphone, banyak yang masih bingung bagaimana cara memilih headset atau earphone yang bagus dan memiliki kualitas oke. "Sebenarnya jawaban cukup simpel. Yang paling utama harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Karena tidak semua headset atau earphone itu sama, baik dari segi harga, bentuk dan lain sebagainya," ujar Sales Counter Tiga Putra, Dwi Astuti.
Namun dia memberikan beberapa tips bagaimana cara memilih headset atau earphone yang bagus dan berkualitas. Mulai dari faktor harga, merek, hingga kebutuhan bergaya.
"Banyak yang berpikir headset bagus jika harganya mahal. Padahal tidak demikian, walaupun tidak salah," tegasnya, menerangkan tips pertama untuk tidak terpaku dengan harga.
Menurut dia, headset atau earphone yang mahal, tidak selalu memiliki kualitas bagus. Banyak kasus yang pernah dialami bahwa headset mahal justru keluaran suaranya tak jauh berbeda dibanding yang murah. "Ada yang harganya Rp 50 ribu, tetapi nyaman ketika dipasang di telinga," sebutnya
Selanjutnya, dia menyarankan pada gadgeter untuk tidak terpaku pada merek tertentu. Hal ini disebabkan kebiasaan gila akan merek. "Tak peduli bagaimana kualitas produk yang dibeli, mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan produk ternama," tambahnya.
Padahal menurutnya, tidak semua headset atau earphone yang memiliki merek kurang terkenal kualitasnya kurang bagus. "Usahakan untuk cerdas memilih. Jangan terpaku pada merek, apalagi saat ini banyak yang membuat tiruannya atau replika," paparnya.
Menyesuaikan dengan kebutuhan merupakan tips ketiga ketika membeli headset atau earphone. Bahkan, juga berlaku untuk pembelian aksesoris lain. "Bagi orang yang ingin tampil simpel, sebaiknya membeli earphone biasa saja. Namun sebaliknya yang ingin tampil keren di depan umum, bisa beli headset dengan model bagus dan berharga mahal. Headset berfungsi menyempurnakan penampilan atau fashion," pungkas dia. (ley/han)