Berbalut OS Lollipop, Dibandrol Rp 1,9 Jutaan

MALANG - Pendatang baru di pasar gadget, Vivo terhitung aktif dalam mengenalkan smartphone terbarunya. Kali ini, seri anyar Vivo Y31 mulai menghiasi pasar Malang Raya, dengan usungan sistem operasi (OS) Android Lollipop.
Owner Steven Cell Wawan Wahyudi mengatakan, Vivo Y31 baru pekan ini hadir di Malang. Vivo mulai mengupgrade fitur ponselnya di seri yang baru dikenalkan, termasuk ponsel dengan bandrol Rp 1,99 juta ini.
"Tidak ingin kalah dengan vendor lain, Vivo mulai aktif meluncurkan ponsel ber-OS Lollipop. Smartphone pun terlihat lebih kaya warna dan mampu menopang aplikasi yang meluncur di tahun ini," ujarnya.
OS ini memberikan tampilan baru dengan segudang fitur. Untuk user interface-nya Vivo memasangkannya dengan Funtouch OS 2.1. Funtouch OS merupakan UI besutan Vivo yang menawarkan tampilan  jauh berbeda dibanding UI lainya.
"Pengguna bisa menikmati tampilan berbeda dengan kustomisasi baru sehingga terasa tidak membosankan," papar dia panjang lebar.
Dari segi fisik, ponsel ini menawarkan bentang layar 4.7 inci, beresolusi HD 720 x 1280 pixels. Menurut dia, spesifikasi Vivo Y31 jauh lebih baik ketimbang seri Y15S karena kualitas layar yang disajikan lebih mumpuni dengan tingkat kerapatan mencapai 312 pixel per inch (ppi). Panel layar menggunakan in plane switchinh (IPS) LCD capacitive touchscreen dan menambah mantap display perangkay karena pengguna bisa menikmati tampilan yang stabil serta jelas dari berbagi sudut.
Untuk sisi hardware, dukungan chipset MediaTek MT6580 yang merupakan procesor Quad Core, memiliki kecepatan menjelajah aplikasi dalam perangkat mencapai 1.3 GHz. Dapur pacu ini memberikan jaminan ketangguhan ponsel middle tersebut dapa berjalan dengan lancar.
"Baik membuka game HD maupun aplikasi dengan file yang besar," tambah dia kepada Malang Post.
Dia menegaskan, kinerja ponsel kian aman berkat usungan GPU Mali-400 MP1 dan RAM sebesar 1 GB. Untuk media penyimpanan yang disediakan sebesar 8 GB, yang separuhnya sudah terpakai untuk sistemnya. Namun, tidak perlu khawatir karena gadgeter dapat memperluas media simpan hingga kapasitas 128 GB melalui slot microSD.
Dari sisi kamera Vivo memberikan kamera utama berlensa 8 MP dengan resolusi 3264 x 2448 pixels. Untuk mengoptimalkan fungsi kamera utama itu, dapat menggunakan fitur autofocus dan juga LED Flash. Sememtara itu, untuk kamera depan memiliki resolusi 2 MP.
"Meskipun resolusi tidak tinggi, setidaknya kamera depan dapat digunakan untuk selfie dan video call dengan baik, dengan tingkat pixel yang dihasilkan dapat mencapai 1600 x 1200 pixels. Fitur dalam kamera Vivo Y31 juga lengkap yang meliputi touch focus, face detection, white balance setting, ISO setting, exposure compensation, scene mode, continious shooting, geo tagging, panorama, HDR, digital zoom dan digital image stabilization," pungkas dia. (ley/oci)