Copas File dari Buku dengan Android

MALANG - Perkembangan smartphone Android yang semakin pesat, memunculkan fitur-fitur baru untuk kian memudahkan gadgeter dan memaksimalkan fungsinya. Developer aplikasi berlomba mengembangkan fitur baru agar Android menjadi pilihan utama. Seperti memberi kemampuan mengcopy teks dalam buku, layaknya copy teks ke Microsoft Word.
"Percaya atau tidak, kini gadget semakin multifungsi. Mengambil teks dalam buku, tanpa harus capek mengetik ulang, bisa dilakukan," ujar Pengamat Gadget, Jeffri Gigih.
Menurutnya, smartphone tinggal dipasangi aplikasi, baik dari Google Play Store atau memanfaatkan fasilitas di Google Drive untuk melakukan hal itu. "Ada bantuan aplikasi kamera scanner yang dirancang untuk memindai teks dan menjadikannya bisa diedit," beber dia kepada Malang Post.
Dia menyebutkan satu aplikasi yang bisa didapat di Google Play Store yakni Text Fairy (OCR Text Scanner). Aplikasi ini dirancang untuk mengubah foto menjadi teks yang dapat diedit. "Gak perlu repot mengetik ulang yang membutuhkan waktu lama. Gratis dan tinggal download melalui Play Store," ujarnya.
Berikutnya, aplikasi Google Drive for Android. Menurutnya, tidak hanya dapat digunakan untuk menyimpan file atau data di awan atau cloud, aplikasi yang ini memiliki fitur yang masih belum banyak diketahui.
"Google Drive for Android memiliki sebuah fitur scan OCR yang mampu memindai teks cetak dan mengonversinya menjadi teks yang dapat diedit. Caranya, buka fitur scan OCR, lalu arahkan kamera pada buku teks yang ingin dipindai," papar dia.
Selain itu, terdapat pilihan aplikasi Microsoft Office Lens. Dengan menggunakan aplikasi ini, bisa mengambil foto teks pada buku dan mengubahnya menjadi file dokumen seperti Word, PDF, bahkan Power Point. Tak hanya mengonversinya saja, juga bisa melakukan edit dan modifikasi terhadap teks yang sudah diambil.
"Cara menggunakannya sama seperti Google Drive, tinggal mengarahkan kamera HP Android pada teks cetak dan ambil fotonya. Buka file di Microsoft Word," tambah dia. (ley/han)