Smartphone Minimalis Laris Manis

TIAP HARI TERJUAL: Ponsel dengan harga Rp 999 ribu ini selalu terjual setiap hari, pelajar mendominasi pembeli.

MALANG - Belum lama ini vendor Lenovo meluncurkan gadget low end yang laris di pasaran. Lenovo A1000 yang baru sebulan ini menghiasi padar lokal, hadir dengan layar mini yang membuatnya nyaman dioperasikan dan ringkas dalam satu genggaman.
"Ponsel dengan layar minimalis masih mendapatkan tempat bagi pabrikan. Lenovo A1000 sebagai buktinya," ujar Customer Service Tiga Putra, Dwi Astuti.
Dia mengatakan, Lenovo membuktikan tidak meninggalkan pasar low end dengan kehadiran seri ini pasca menghujani pasar dengan ponsel seri menengah ke atas dengan bentang layar yang besar. Hasilnya, ponsel pun tetap laris di pasaran. "Hanya dengan Rp 999 ribu saja, membuat ponsel ini hampir setiap hari dibeli customer. Khususnya pelajar," papar dia kepada Malang Post.
Menurut dia, keunggulan utama dari ponsel ini adalah ukuran yang mini. Smartphone semakin mudah digenggam atau dimasukkan kantong. Pengguna tidak perlu ribet mengusung tas atau wadah berukuran besar untuk menyimpannya.
Secara fitur, perangkat  ini dilengkapi dengan panel TFT  yang memiliki resolusi layar mencapai 480 x 800 pixel. Untuk tingkat kerapatan pixelnya terbilang cukup tinggi hingga meraih 233 pixel per inch (ppi) yang menutupi kekurangan pada resolusi.  "Lumayan untuk melihat video dan bermain game secara jelas," tegasnya.
Dari sisi desain Lenovo A1000 memiliki dimensi ukuran panjang 64 mm, lebar 124.5 mm dan ketebalan yang meraih angka 10.6 mm. Ponsel memiliki bobot 132g, yang semakin mengesankan ringan dan nyaman ketika digenggam, serta mudah untuk dibawa kemana saja.
Sementara dari segi performa, Lenovo memberikan spesifikasi mumpuni dengan chipset jenis Spreadtrum SC7731G, yang membawa dapur pacu empat inti berkecepatan (clock speed) mencapai 1.3 GHz. Dengan begitu, Lenovo A1000 dapat menjalankan fitur bawaan maupun aplikasi lain yang di pasang oleh pengguna secara lancar.
Untuk sistem pengoperasian, seperti pada produk Lenovo lainnya, smartphone  ini dijalankan pada Lenovo Vibe UI, bersanding OS Android v5 Lollipop. Alhasil, seri ini memiliki tampilan ikon lebih atraktif dan mudah untuk dipahami. Selain itu, OS Lollipop juga lebih smooth dan nyaman ketika dioperasikan. Belum lagi dengan balutan jaringan 4G yang akan menegaskan kecepatan koneksi dari ponsel ramah harga ini.
Dia menambahkan, penyimpanan terbilang cukup luas, dengan memori internal 8 GB. Memori bisa diperluas dengan ekspansi maksimal 32 GB pada slot microSD-nya.
Sementara itu, segi fotografi yang dimiliki oleh Lenovo A1000 juga tak kalah menarik. Lenovo melengkapinya dengan lensa kamera CMOS berukuran 5 MP, lengkap beserta LED Flash dan Auto focus yang bisa menghasilkan resolusi gambar maksimal hingga 2560 x 1920 pixel. Kamera utama ini bisa dijadikan media rekam video yang dapat menghasilkan kualitas hingga 720p pada kecepatan 30fps.
"Kamera depannya termasuk bagus ketika membandingkan dengan bandrolnya yang di bawah Rp 1 juta. Bandingkan saja dengan brand lain,"pungkasnya. (ley/han)