Mampu Hemat Baterai Hingga 30 Persen

MALANG- Pengguna produk Apple kini dapat bernafas lega, pasalnya pertengahan tahun 2015 lalu Apple meluncurkan performa terbarunya yakni low power mode pada iOs 9. Fitur tersebut mampu menghemat daya baterai sebanyak 30% dengan estimasi waktu antara 30 menit hingga satu jam.
Terobosan terbaru dari Apple ini berfungsi untuk menghemat daya dengan mematikan beberapa fungsi di antaranya seperti Background App Refreh, Fetch New Data, Location Service, dan notifikasi. Hal ini jelas tidak dapat dilakukan oleh generasi sebelumnya.
“Ini yang membedakan iOs 9 dengan iOs sebelumnya, kalau di iOs 8 kita perlu mematikan beberapa fungsi secara manual, kalau di iOs 9 akan di-non aktifkan secara otomatis,” terang Imam Ghazali, pemilik service iPhone, iCare Malang.
Sayangnya, meskipun dapat membuat daya baterai sedikit tahan lama, ketika mengaktifkan daya tersebut pengguna iPhone atau iPad tidak dapat mengetahui notifikasi yang masuk. “Tidak enaknya user harus masuk ke jejaring sosial secara manual,” ujar Imam.
Pilihan untuk menggunakan fitur Low Power Mode akan secara otomatis muncul ketika baterai memasuki angka 20%, dan pengguna diberikan tawaran pilihan untuk mengaktifkan mode tersebut atau tidak.
Setelah mode tersebut diaktifkan, indikator baterai akan berubah menjadi warna kuning dari yang semula berwarna merah. “Setelah berwarna kuning itu tandanya daya tahan baterai mulai bekerja dengan menutup beberapa fungsi, dan akan memberikan daya tahan baterai pada iPhone atau iPad,” tambah Imam.
Jika pengguna ingin mengaktifkan fitur tersebut ketika baterai masih dalam kondisi prosentase yang optimal, pengguna dapat mengaktifkan dengan membuka menu settings, kemudian pilih battery, lalu geser ke kanan untuk switch on Low Power Mode, dan daya baterai pun akan terjaga.
Setelah itu pengguna akan mendapatkan pilihan di antaranya adalah Mail is only fetched manually, Background app refresh and downloads are disabled, motion and brightness are reduiced, network speed may be reduced. Ketika pilihan tersebut muncul, pengguna dapat menekan pilihan continue untuk mengaktifkan Low Power Mode.
Ketika pengguna mengisi daya baterai saat fitur tersebut aktif, ternyata low power mode akan secara otomatis non aktif ketika baterai mencapai prosentase 80%. Hal itu ditunjukkan dengan munculnya notifikasi bahwa low power mode telah dinon-aktifkan.(mg6/han)