Bodi Tablet PC, Fungsi Smartphone Android

MALANG – Sebagai pemain baru, IMO tak segan menyaingi para seniornya di pasar smartphone dan tablet berbasis Android. Terbukti, vendor lokal ini kembali berinovasi dengan meluncurkan I-Memo IMO W6800 yang mengusung bodi menyerupai Samsung Galaxy Note, lengkap dengan layar super besar.
Team Leader Sales Sentral Mobile Shop Malang Plasa, Tri Yuni memaparkan, IMO ingin menghadirkan smartphone berlayar lebar dengan fungsi mirip tablet PC. “Bentuknya besar seperti tablet PC tapi tetap dengan fungsi layaknya smartphone Android,” papar Yuni kepada Malang Post kemarin.
Layar super lebarnya berukuran 5 inci berjenis TFT kapasitif touchscreen dengan multitouch untuk memudahkan navigasi smartphone. Pasalnya, layar sentuh ini satu-satunya tempat bagi user untuk memilih aplikasi maupun menu. Tidak ada keypad klasik atau qwerty untuk menolong navigasi user.
Biasanya, dengan ukuran smartphone sebesar itu, layarnya maksimal hanya 4 inci. Tetapi, IMO memberikan ukuran 5 inci. Bukan tidak mungkin kualitas grafisnya akan menurun karena resolusinya tak sepadat layar 4 inci. Sementara itu, otak pemrosesan segala aplikasi di IMO Memo W6800 adalah processor 650MHz dengan Chipset MTK 6573.
Kapasitas RAM-nya hanya 512 megabit, sehingga user tidak boleh terlalu berharap kecepatannya akan sama dengan Galaxy Note. Memori internalnya juga hanya sebesar 512 megabit saja. “Ukuran layar IMO Memo yang lebar memang terasa leluasa dan lega. Sayangnya spesifikasi CPU standar ini tidak mendukung layar lebar IMO Memo,” sambung Yuni.
Untungnya, teknologi kamera yang diusung I-Memo IMO cukup mewah dan memuaskan. Kamera utama (belakang) memiliki kualitas piksel hingga 8 megapiksel. Karena itu, gadget ini merupakan smartphone Android dengan kamera resolusi terbesar di segmennya yang menengah ke bawah.
”Kamera depan hanya kamera VGA untuk mendukung fungsi video call saja,” tambah Yuni. IMO Memo W6800 juga masih menggunakan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread. Tapi, paling tidak OS tersebut mampu memberi homescreen dan widget menu yang menawan khas Android.
Keunggulan dari smartphone Android ini adalah disokong dual-on GSM dan mendukung jaringan 3G. “User bisa memisahkan kartu sim untuk internet dan telepon, harganya sekitar Rp 1,8 jutaan,” pungkas Yuni.(fin/nda)