Genjot Smartphone, Manfaatkan Fasilitas Bank

MALANG – Bank pemberi kredit gadget semakin memanjakan dan memudahkan masyarakat Kota Malang yang ingin membeli produk smartphone terbaru seperti Samsung Galaxy S III, iPhone 4S maupun BlackBerry Dakota. Terbukti, layanan kredit dari bank-bank di outlet dan retailer resmi juga semakin bervariasi.
Staf pengelola GTC Malang Town Square, Sanda Dhani memaparkan, setidaknya ada lima bank swasta yang berani memberikan kredit dengan jangka cicilan menarik. “Semua layanan kredit itu akan memudahkan pengguna memiliki gadget terbaru,” papar Sanda kepada Malang Post kemarin.
Bank Permata misalnya, telah berani menggerojok pasar smartphone Malang dengan layanan kredit hingga 24 bulan tanpa bunga alias nol persen. Padahal, biasanya bank konsorsium Standar Chatered Bank dan PT Astra International Tbk itu hanya berani membuka kredit selama 12 bulan bunga nol persen.
“Saya yakin itu akan meningkatkan minat user dalam membeli gadget anyar dan praktis mengangkat penjualan outlet kami,” sambung Sanda. Hanya saja, di GTC sendiri ada persyaratan khusus bagi user agar bisa menikmati layanan kredit hingga jangka waktu 24 bulan tersebut.
Pengguna harus membeli kredit produk handphone atau smartphone dengan banderol harga minimal Rp 1 jutaan. Praktis, hampir semua barang yang dibeli adalah gadget berkelas middle dan high end. Setali tiga uang, Danamon juga berani mengusung layanan kredit gadgetnya menjadi 18 bulan atau satu setengah tahun.
Bank yang mayoritas kepemilikan sahamnya dikontrol oleh konsorsium Asia Finance Indonesia, di bawah kendali Temasek Holdings sebelumnya hanya berani memberikan kredit gadget jangka pendek selama enam bulan saja. “Layanan kredit berlaku untuk semua produk dan gadget yang ada di GTC,” papar Sanda.
Hal yang sama berlaku pula untuk tiga bank besar, yakni BCA, Bank Mandiri dan Bank Mega. Mereka mampu meluaskan jangka waktu layanan kredit gadget dari 6 bulan menuju 12 bulan. Tapi, Sanda tak hanya mengandalkan layanan kredit saja untuk meningkatkan penjualan di kuartal keempat 2012.
“Kami juga memiliki promo khusus untuk pembelian gadget mahal,” sambungnya. Pembelian Galaxy Tab 2 10.1 inci akan mendapatkan gratis pulsa sebesar Rp 500 ribu, sementara pembelian Galaxy S III bakal memperoleh pulsa hingga Rp 1 juta. Pembelian Galaxy Note juga mendapatkan bonus Rp 700 ribu.(fin/nda)