Mountain Lion Favorit

MALANG – Sistem operasi Mountain Lion ternyata sangat disukai oleh para pengguna Apple di Kota Malang. Belum genap enam bulan diluncurkan, OS Apple Inc yang berlambang singa gunung itu sekarang menjadi sistem operasi standar gadget dan komputer Mac milik user pecinta Apple.
Hal ini diungkapkan oleh staf pengelola Apple Authorised Reseller (AAR), Jeffy Gigih ketika dikonfirmasi Malang Post kemarin. ”Kecepatan dan respon terhadap program serta aplikasi yang dijalankan cukup eksepsional, lebih baik daripada OS generasi sebelumnya,” papar Jeffry.
Mountain Lion sebenarnya telah diperkenalkan pengembang Apple kepada masyarakat teknologi dunia sejak Februari lalu. Tetapi, ia baru resmi diluncurkan sekitar bulan Juli 2012. Dengan OS tersebut, user gadget dan komputer Apple akan menikmati banyak fitur baru, seperti pengingat, notes bahkan pusat notifikasi yang terkoneksi langsung dengan internet.
“Fitur tersebut akan membantu kinerja user, khususnya para pekerja dan eksekutif,” kata Jeffry. OS Mountain Lion juga memiliki kemampuan mengunggah atau upload ke layanan penyimpanan dunia maya, yakni iCloud milik Apple. Dengan OS tersebut, user bisa melakukan sms dari komputer ke handset lewat fitur iMessages.
Akses share video ke Twitter juga bakal dipermudah oleh sang singa gunung. Jeffry melanjutkan, sistem operasi Mountain Lion juga dilengkapi fitur kemanan baru, yakni Gatekeeper yang mengurangi malware asing dari internet. Caranya, Gatekeeper memblokir aplikasi dari internet yang tak tersertifikasi.
”Setidaknya ada sekitar 200 aplikasi dan fitur baru yang ditawarkan Apple dalam OS Mountain Lion,” paparnya. Fitur-fitur itu diambil dari yang sudah ada di aplikasi mobile dengan pengintegrasian penyimpanan di dunia maya (online storage). Hasilnya, komputer Mac seri teranyar akan serasa iPad dan iPhone.
Kendati demikian, pemilik komputer Mac harus memperhatikan penggunaan OS Mountain Lion. Pasalnya, sistem ini tak bisa langsung diaplikasikan ke semua seri komputer Mac. ”Hanya komputer Mac yang dibeli usai 11 Juni 2012 lah yang bisa diperbaruhi dengan sistem operasi ini,” tutup pria berkacamata itu.(fin/nda)