RIM Macet, BB se Asia Pasifik Ngadat

MALANG – Research In Motion (RIM) sedang macet! Siang kemarin sejak 13.00 WIB, pengguna BlackBerry mulai mengeluhkan tidak terkirimnya pesan BlackBerry Messenger. Server RIM pun dijadikan kambing hitam oleh para pengguna BB. Kabarnya, jaringan server RIM yang ngadat itu tak hanya melanda Malang atau Indonesia saja, tapi seluruh Asia Pasifik!
Konter ponsel dan servis handphone pun kedatangan diserbu pemilik BB. ‘’Ya, sore ini (kemarin, Red.) cukup banyak yang datang menanyakan tentang BB. Semuanya hampir sama. Jaringan RIM macet sehingga BBM gak lancar,’’ ungkap teknisi Omega Celluler Malang Plasa, Rizky Wijaya kepada Malang Post ketika dikonfirmasi kemarin.
Keluhan yang diterima teknisi pun cukup serius, karena hingga berita ini ditulis, BBM belum bisa digunakan dengan normal. Beberapa pengguna BB mengeluh BBM yang bisa keluar dan terkirim, tapi tidak bisa menerima BBM masuk.
‘’Dari tadi yang masuk cuma BC (Broadcasting Message) saja. Gak ada BBM personal sama sekali,’’ ungkap Nita Devi, salah satu pengguna BB di Malang Plasa. Ada pula pengguna yang mendapati BBM-nya hanya bisa menerima tapi tak bisa mengirim keluar, sehingga menganggu mobilitas serta komunikasi.
Menurut Nita yang sudah cukup lama memakai BlackBerry, jaringan
Hampir semua BBM contact dari BB yang dipantau Malang Post dikirimi pesan BC. Ada yang menyebut, server RIM BlackBerry benar-benar penuh. Pesan itu selanjutnya meminta user mengirimi pengguna aktif di semua contact BBMnya dengan pesan BC tersebut.
‘’Jika anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak BlackBerry Messenger Anda, maka account Anda akan ditetapkan tidak aktif dengan konsekuensi dari kehilangan semua kontak anda,’’ ancam pesan BC tersebut.
Sebaliknya, jika user mengirim pesan BC tersebut, RIM akan secara otomatis mengupdate BB user dalam waktu 24 jam dengan layout dan warna baru untuk chatting.
Update yang disebut oleh BC berasal dari RIM sendiri akan dilakukan sejak pukul 11.00 WIB kemarin hingga 05.00 WIB dini hari ini. Tapi, tentu tidak semua pengguna BB percaya dengan hoax tersebut. Personel band Indie Cigarettes, Gilbrian Abdillah, yang juga pengguna BB menganggap pesan BC yang ngawur itu harus dihentikan. ‘’Stop BC gak jelas atas nama RIM. Pemberitahuan itu gak pernah melalui BC,’’ ungkap pria yang akrab disapa Agil dalam pesan BC kepada Malang Post.
Dari pihak operator seluler sendiri, kompak menjawab jika gangguan layanan BlackBerry terjadi bukan karena masalah sinyal masing-masing operator, melainkan dari RIM.
Head of Corporate Communication AXIS, Anita Avianty saat dihubungi Malang Post via ponsel mengatakan jika kondisi ini disebabkan karena adanya maintenance yang dilakukan oleh pihak RIM, khususnya di kawasan Asia Pasifik.
‘’Tepat pukul 15. 07, RIM mengirimkan rilis pada kami (AXIS) dan mengatakan jika saat ini ada maintenance. Hal ini menyebabkan adanya beberapa gangguan pada layanan Blackberry. Tidak hanya di wilayah Indonesia, tetapi juga Asia Pasifik,’’ ujar Anita.
Ditambahkan oleh Marketing VAS Community Manager PT Indosat Tbk Area Jatim, M Fahrurrozi, adanya maintenance yang dilakukan oleh pihak RIM membuat beberapa layanan Blackberry mengalami gangguan. Di antaranya tidak bisa melakukan registrasi, tidak bisa chatting (BBM), tidak bisa mengupdate avatar, status dan geotagging, tidak bisa mengirim file foto, suara atau video, serta tidak bisa melakukan back up dan restore data.
‘’Rilis yang dikirim RIM untuk operator mengandung kata ‘maybe’ yang kami artikan tidak semua masalah ini dialami oleh semua pengguna Blackberry. Selain itu, belum ada penjelasan masalah ini bisa diselesaikan sampai kapan. Namun dalam pernyataannya, RIM mengatakan kondisi ini terjadi sejak pukul 12.40 ICT (zona waktu Indocina),’’ bebernya. (fin/nda)