Samsung, Pionir Garansi Berbasis Internet

MALANG – Samsung Mobile menjadi pionir dalam memberlakukan sistem garansi berbasis internet. Dikenal dengan nama E-Warranty, vendor asal Korea Selatan ini ingin mempermudah pengguna yang membeli dalam menggaransi produk. User tak perlu lagi mengisi banyak kertas, tapi slot simcard cukup dimasuki chip khusus untuk mendaftarkan gadget dalam daftar barang tergaransi Samsung.
Promotor Samsung Sega Cell, Muthia memaparkan, E-Warranty Samsung merupakan sistem garansi elektronik yang mengamankan dan mendaftarkan gadget yang terjual langsung ke pusat Samsung Indonesia. ”Itu termasuk pendaftaran IMEI hape Samsung ke server pusat,” ungkap Muthia saat dikonfirmasi Malang Post kemarin.
IMEI adalah kepanjangan International Mobile Equipment Identity. IMEI menjadi identitas unik yang didaftarkan di pusat server vendor tertentu. Ponsel yang hilang bisa diblokir IMEI-nya sehingga tak bisa digunakan oleh pencuri. E-Warranty memudahkan user melakukan prosedur pendaftaran IMEI ke pusat server.
“Tentu layanan Samsung E-Warranty akan membantu user,” tandas Muthia. Hal senada diungkapkan oleh Team Leader Samsung Branded Shop Matos, Robby Firmansyah. Ia mengatakan, pendaftaran E-Warranty Samsung dilakukan sesaat setelah user membeli gadget tertentu.
“Pendaftaran memakai chip khusus yang mengirim pesan ke server pusat, berlaku untuk semua gadget, kecuali gadget CDMA,” tandas Robby. Data pribadi yang diisi user pertama kali hape diaktifkan bakal menjadi identitas yang tercantum dalam server pusat Samsung.
Kartu chip E-Warranty dibawa oleh konter tempat user membeli. Hal itu dilakukan untuk memperkecil kemungkinan chip garansi rusak atau hilang. Dengan fasilitas ini, pengguna gadget sekaligus vendor ponsel akan diuntungkan. Vendor akan memperoleh keakuratan dan kontrol tentang data user.
“Sedangkan promo dan produk terbaru dari Samsung akan langsung masuk ke gadget pengguna,” ungkap Team Leader Global Teleshop MOG, Silvy Novita. User akan langsung mendapatkan SMS pemberitahuan mengenai berbagai diskon serta notifikasi dari Samsung.
Jaminan keamanan dari gadget juga bakal lebih tinggi dibandingkan produk yang tidak digaransi dengan E-Warranty. (fin/nda)