Nokia: Windows Berada di Antara Andorid dan Apple

Jakarta - Nokia kukuh mengandalkan sistem operasi Windows Phone melawan kompetitor berat, Android dan iOS di iPhone. CEO Nokia, Stephen Elop meyakini strateginya sudah tepat. Sebab Windows Phone diklaim punya berbagai keunggulan.
Misalnya, Windows Phone tidak akan terpecah-pecah seperti Android dan tidak terlalu ketat kontrolnya seperti Apple. Android disebut terpecah karena banyaknya handset, kustomisasi software dan upgrade yang kadang tidak bisa dilakukan.
"Meskipun ada beberapa aspek terbuka di APIs dan SDK (Windows Phone -red), dan Anda bisa membuat semua aplikasi di situ, kami bersama Microsoft mengontrol apa yang terjadi," kata Elop dalam wawancaranya dengan Wired, Jumat (5/10) lalu.
"Jika Anda berpikir tentang tiga ekosistem, dengan Apple yang paling dikontrol ketat dan Android menjadi sangat terpecah pecah dan menuju ke arah yang berbeda beda, apa yang kami lakukan di Microsoft adalah berada di tengah-tengah," imbuh Elop.
"Ada sedikit kontrol namun juga ada sedikit fleksibilitas dengan berbagai macam penyedia hardware yang terlibat," jelas pria berkacamata itu.
Berbicara soal produk terbaru Nokia, Lumia 920 dan 820, Elop mengaku tidak akan melakukan perang harga. Mereka lebih mengedepankan fitur yang berbeda dan fungsional.
"Memulai dengan harga lebih murah bukanlah sebuah pendekatan yang bagus. Anda harus memimpin dengan bagaimana produk itu lebih baik atau berbeda atau memungkinkan Anda melakukan sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan sebelumnya," tuturnya. (dtc/nda)