Advan Mobile Rubah Sistem Operasi

MALANG– Kehadiran Advan Mobile di pasar tablet membawa kejutan tersendiri. Menghadirkan upgrade dari gadget andalannya Vandroid, seri T1C mengusung peningkatan sistem operasi dari Android 2.0 Froyo menuju operating system (OS) Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS). Team Leader Swisscomm Mall Olympic Garden (MOG), Meyka Ratnasari memaparkan, perubahan sistem operasi membuat tampilan Vandroid T1C lebih berwarna. “Menu utamanya menarik dan enak dilihat, tak seperti kebanyakan seri Vandroid lain yang mungkin hanya Gingerbread atau Froyo,” ungkapnya.
Hanya saja, Advan tak hanya polos bergantung pada perubahan sistem operasi saja. Untuk menggaet banyak pelanggan baru, Vandroid T1C menawarkan frekuensi GSM 850/900/1800/1900 MHz, sedangkan jaringan UMTS atau yang lebih dikenal dengan 3G bergerak pada frekuensi 850/2100 MHz. Dengan begitu, tablet ini bisa dipakai telepon dan SMS. Praktis kekuatan internetnya cukup mumpuni. “Internetnya berbasis GSM GPRS EDGE serta HSDPA,” ungkap wanita yang biasa disapa Memey ini. Dapur pacu Vandroid T1C sendiri disokong prosesor CPU Qualcomm Snapdragon single core ber-clock speed 1 GHz. RAM sebagai ruang pemrosesan data dilengkapi kapasitas 512 megabit.
Ukuran internal memorinya juga sama, yakni 512 megabit. Dapur pacu tersebut akan menyokong seluruh kinerja data dari Vandroid T1C. Untuk urusan layar, tablet berukuran 7 inci tersebut dilengkapi layar TFT kapasitif full touch screen. Praktis, layarnya cukup sensitif dan responsif ketika disentuh. Dibantu teknologi multi touch screen, Vandroid T1C juga menawarkan In Plane Switching (IPS) yang memiliki berbagai kelebihan. “Warna dan kontrasnya cukup menonjol dan akurat,” papar dia.
Panel IPS menawarkan reproduksi gambar yang sangat baik dan cocok untuk fotografi, desain grafis hingga produksi film. Karena itu pula, Vandroid T1C dapat dipakai melihat video berkualitas High Definition (HD) yang telah dilengkapi Hi-Fi Audio. Kualitas gambar yang baik akan semakin maksimal dengan kekuatan audio yang mumpuni. Sayang, untuk urusan kamera, Vandroid T1C yang dibanderol harga Rp 1,9 jutaan hanya disokong kamera utama 2 mega piksel serta kamera depan 0,3 mega piksel. (fin/mar)