RIM Buka Penukaran Gemini

MALANG– Research In Motion (RIM) menggandeng berbagai outlet serta retail handphone di Kota Malang untuk melancarkan program trade in khusus eks produk terlarisnya, BlackBerry Gemini 8520. User bisa menukar Gemininya dengan dua produk terbaru, yakni Davis 9220 dan Armstrong 9320. Hal ini dipaparkan Promotor BlackBerry Okeshop Malang Town Square (Matos), Safitri Maria Dewi. “Trade in atau tukar tambah hanya berlaku untuk Gemini GSM berjaringan 2G saja. Jika ada yang mau menukar Gemini 3G, maka kami terbuka, tapi soal harga fix dan tak bisa berubah,” terangnya.
Menurut dia, RIM tidak menerima user yang ingin menukarkan Gemini CDMA, baik 2G maupun 3G. Menurut Fitri, setiap BlackBerry Gemini GSM 2G 8520 dibanderol harga Rp 700.000. Tapi, ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh gadget sebelum ditukarkan di outlet-outlet handphone. “Salah satunya, LCD jangan sampai ada yang pernah kena air,” ungkap Fitri, sapaan akrabnya. Layar LCD harus bisa berfungsi normal. Kamera juga harus berfungsi dengan baik sebelum ditukarkan dengan BlackBerry Davis 9220 atau Armstrong 9320.
“Jika dua perangkat keras ini tak cacat, maka kemungkinan besar Gemini GSM 2G akan diterima oleh outlet,” lanjutnya. Fitri tidak mempermasalahkan kelengkapan dari Gemini GSM 2G itu. User tidak harus memiliki full set sebelum bisa mengikutkan program trade in. Bahkan, tukar tambah Gemini bisa dilakukan hanya dengan handset dan charger saja. Selain itu, Gemini 2G GSM dari Black Market (BM) pun diterima oleh Fitri.
“Tak perlu khawatir soal bodi, kami tak mempermasalahkan apakah rusak atau tidak, yang penting handset secara umum berfungsi baik,” tandasnya. Kemudahan-kemudahan yang diberikan seakan menjadi pertanda bahwa RIM serius mengganti Gemini 2G GSM dengan produk baru Davis dan Armstrong. Tapi, bagaimana pun kedua gadget ini memang layak menggantikan posisi Gemini di pasar menengah ke bawah Kota Malang. Dengan program trade in, user bisa membawa pulang BlackBerry Davis seharga Rp 1,324 juta dari harga normal di Okeshop sekitar Rp 2,024 jutaan. Lewat program trade in Gemini seharga Rp 700 ribu pula, pengguna dapat menggondol BlackBerry Armstrong yang harga asli sekitar Rp 2,624 juta hanya menjadi Rp 1,924 jutaan. (fin/mar)