Satellite C800, Proses Data Cepat

MALANG – Toshiba sudah dikenal publik teknologi sebagai penyedia laptop berkualitas namun berharga premium. Tapi, vendor asal negeri Jepang itu ingin mematahkan stereotipe tersebut dengan meluncurkan seri Satellite C800 yang harganya di bawah Rp 4 jutaan. Menurut Pengelola Mitra Solusindo Komputer, Joe, Toshiba mulai memperhitungkan persaingan laptop yang semakin ketat, apalagi brand semacam Asus terus menggerogoti pasar laptop murah. “Kalau hanya mengandalkan seri mahal tentu Toshiba tak akan mampu bertahan,” ungkap Joe kepada Malang Post. Karena itu, Toshiba seri Satellite C800 diharapkan mampu berbicara banyak di antara tekanan vendor laptop murah Kota Malang.
Laptop ini mengusung prosesor intel dual core Inside Celeron ber-clock speed 1,7 GHz. Praktis, kekuatan dapur pacu Toshiba C800 tergolong mumpuni. “Soal kecepatan pemrosesan data tak usah diragukan, Toshiba sudah dikenal sebagai laptop yang cepat,” ungkap Joe. Dibanderol dengan harga kisaran Rp 3,7 juta tanpa sistem operasi, laptop ini disebut sebagai salah satu produk yang berkontribusi besar pada volume penjualan notebook Toshiba. Data yang dihimpun Malang Post, hingga pertengahan tahun 2012 kemarin, Toshiba Satellite C800 mampu menyumbang sekitar 20 persen dari penjualan laptop di Indonesia. Padahal, Toshiba setidaknya meluncurkan sekitar 32 tipe laptop di pasar teknologi Indonesia.
Satellite C800 sendiri adalah notebook entry level yang diperkuat RAM berukuran besar, yakni 2 gigabit. Kartu grafisnya juga mumpuni. Radeon HD 7310 membuat kualitas gambar yang ditampilkan layar berukuran 14 inci cukup menawan. “Film dan video High Definition juga bisa ditonton dengan baik di Toshiba C800 itu,” ujar Joe. Pengguna tak perlu khawatir untuk urusan kapasitas penyimpanan. Pasalnya, perusahaan multinasional yang bergerak di banyak bidang itu menjejalkan hard disk berukuran 320 gigabit. Berbagai file yang ingin disimpan user, seperti file musik mp3, video mp4 hingga aplikasi berat juga diakomodasi oleh hard disk tersebut.
Menurut Joe, laptop ini juga mampu melayani aplikasi game berat yang memakan banyak ruang memori. “Produk ini membidik segmen pasar pengguna pemula dan kalangan muda, yakni pelajar dan mahasiswa. Harganya terjangkau tapi fitur dan spesifikasi tetap tinggi,” pungkasnya. (fin/mar)