Indosat Ramaikan Pasar Solusi Cloud

JAKARTA - Operator telekomunikasi Indonesia silih berganti meluncurkan solusi cloud. Terkini, Indosat pun turut meluncurkan solusi cloud untuk para pelanggannya.
Indosat Cloud meluncur dengan mengusung tiga jagoan utama yaitu secure, flexible, dan glocal. "cloud services mengusung tiga hal utama yaitu secure, flexibel, dan glocal. Bagaimana keamanan data, fleksibel pemakaian serta cara berlangganan, dan glocal yaitu terhubung dengan one cloud dengan global infrastruktur dari Dimension Data," tutur Direktur & Chief Wholesale & Infrastructure Indosat, Fadzri Sensotsa, di Intercontinental MidPlaza, Jakarta, Rabu (10/10).
Dimension Data, diungkapkan Fadzri, merupakan mitra yang menyediakan platform untuk layanan cloud Indosat. Ia menegaskan, Indosat tetap menjadi penyedia utama layanan cloud-nya, sedangkan mitra lainnya menjadi pihak pendukung.
"Indosat tetap menjadi penyedia utama cloud, sedangkan pihak lain yang ada dibelakang merupakan pendukung," jelasnya.
Indosat menawarkan berbagai jenis solusi cloud, yaitu Public Infrastructure as a Service (IaaS), Private Infrastructure as a Service (Iaas), dan Hybrid. Diungkapkan Division Head VAS, Data Centre & manage Service Prohect Indosat, Gidion S. Barus, ketiga jenis solusi tersebut membidik semua segmen perusahaan.
"Cloud ini merupakan solusi korporasi yang fokus pada semua jenis usaha," ungkap Gideon.
Saat ini, solusi Indosat Cloud telah menggaet 16 mitra usaha yang berasal dari semua segmen industri. "Kedepannya, akan banyak kompetisi solusi cloud. Solusi cloud ini sangat mudah penggunannya dan ini juga merupakan peningkatan bisnis kita, mulai dari network, data center, hingga ke cloud, setelah itu ke depannya pasti ada lagi," pungkas Gidion. (oke/nda)