Simpan Data Lebih Cepat dengan SSD

MALANG – Toshiba kembali mengeluarkan produk terbarunya dengan konsep ultrabook yang lebih simple dan ramping, Toshiba Portege Z835. Laptop satu ini juga memiliki spesifikasi terbaru, yakni menggunakan basis penyimpanan data yang cepat dengan menggunakan SSD atau Solid State Drive.
Penyimpanan Solid State Drive (SSD) ini memiliki kapasitas sebesar 128 GB, yang cukup besar untuk menyimpan sistem operasi dan sejumlah program dan pilihan media sederhana. “Data penyimpanan menggunakan SSD lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan HDD,” terang Marketing Xbook Computer, Dani Eka.
Tak hanya dari segi penyimpanan data saja, laptop ini juga memiliki port yang lebih lengkap dibandingkan dengan ultrabook lainnya. Di pinggir engsel terdapat port HDMI dan dua port USB 2.0 yang salah satunya dilengkapi dengan teknologi Sleep’n’Charge Toshiba.
“Ada juga port USB 3.0 pada sisi kanan, disertai dengan slot case-lock dan SD card. Sisi kiri terdapat jack untuk headphone dan mikrofon. Di atas layar terdapat sebuah webcam 1,3 megapiksel,” ulas jelas laki-laki yang akrab disapa Dani ini.  Untuk masalah layar, Toshiba Portege Z835 memiliki layar widescreen 13,3 inch dengan resolusi 1366 x 768 piksel.
Ada satu bagian unik yang dimiliki ultrabook pabrikan Jepang ini terletak penggunaan keyboard backlight. “Keyboard ini kalau digunakan bisa menyala,” ujarnya kepada Malang Post. Sedangkan performa lain yang dimilki laptop ini antara lain, dilengkapi dengan prosesor dual core bertegangan rendah Intel Core i3-2367M yang dipasangkan dengan 4GB RAM. “Untuk OSnya Toshiba portege ini menggunakan Microsoft Windows 7 Home Premium,” imbuhnya.
Yang membuat banyak orang memilih menggunakan laptop ini, adalah kelengkapan yang didukung dengan Widi 2.0. Perangkat ini merupakan sebuah solusi streamin nirkabel dari Intel yang memungkinkan user untuk melakukan streaming konten HD ke HDTV melalui adapto Netgear Push2TV.
Untuk casing, Z835 ini menggunakan casis dari magnesium berwarna abu-abu gelap yang ringan namun kokoh. Di dalam casis magnesium, Toshiba juga telah diperkuat dengan struktur dari plastik bermotif sarang lebah. “Sedangkan harganya masih berkisar Rp 7,5 jutaan,” pungkasnya. (ita/nda)