iPurpel ‘Menular’ ke Handset Android

Jakarta - Kamera di iPhone 5 dikritik lantaran menampilkan flare berwarna ungu setelah mengambil gambar. Cacat yang disindir sebagai 'iPurple' ini ternyata juga bisa menjangkiti piranti manapun, termasuk handset Android.
Menurut hasil uji coba yang diklaim oleh Consumer Reports, masalah efek keungu-unguan ini biasa didapatkan saat kamera smartphone diambil di posisi tertentu, khususnya saat di sudut yang cahayanya over.
Di balai pengujiannya, Consumer Reports mengetes sejumlah perangkat seperti iPhone 4S, Galaxy S III, dan Motorola Droid Razr Maxx. Hasilnya memang ada beberapa foto yang juga menampilkan gambar dengan flare ungu.
"Semua lensa kamera, bahkan itu adalah SLR yang mahal sekalipun, terkadang akan menghasilkan flare. Hal ini biasanya didapatkan dari sumber cahaya yang terang," tukas pihak Consumer Reports, yang dikutip dari Apple Insider, Kamis (11/10).
"Seberapa banyak flare itu muncul tergantung dari seberapa menyesuaikan lensa," tambahnya.
Perusahaan itu juga menambahkan, masalah ini bukanlah sesuatu yang terlalu menganggu dan bisa diatasi dengan mudah. Salah satunya dengan menjauhkan dari sumber cahaya langsung. (dtc/nda)
==//==