Awas, Celah USSD Sebabkan Android Reset Ulang

Jakarta - Pengguna Android, pernah mendengar istilah celah Unstructured Supplementary Service Data (USSD)? Waspada dengan celah yang satu ini, kerena semua data Anda di ponsel bisa terhapus secara permanen.
USSD mengakibatkan masuknya software jahat dan mereset kembali ke settingan default seperti saat handset Android baru dibeli. Celakanya, data yang tersimpan di dalam perangkat akan ikut hilang sama sekali. Gawat!
Firma antivirus ESET memaparkan, USSD adalah kode yang diawali dengan tanda asterisk (*), dilanjutkan dengan digit yang mewakili perintah-perintah atau data, kemudian diakhiri dengan hashtag (#).
Kode tersebut digunakan oleh pabrikan perangkat komunikasi dan provider komunikasi untuk membantu pengguna salah satunya adalah untuk memunculkan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) dari perangkat Anda.
Untuk membantu pengguna Android melakukan pengecekan, ESET menghadirkan aplikasi USSD Control. Tool ini akan memblok situs-situs web yang menyerang kode USSD didalam perangkat Android.
Dalam keterangannya, Sabtu (13/10), ESET menyebutkan aplikasi ini juga berfungsi mendeteksi malicious codes sebelum sebuah aplikasi dijalankan. Pendeknya, ESET USSD Control yang akan memastikan semua data yang tersimpan di dalam perangkat Android tersimpan dengan aman.
"Ketika aplikasi ESET USSD Control menemukan malicious code yang menyerang USSD, maka pada layar akan tampil peringatan, dan memblok perintah," terang Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT Prosperita-ESET.
Aplikasi keamanan ini sudah tersedia di Google Play Store dan dapat didownload secara gratis. (dtc/nda)