Blackberry Pamer Kemampuan OS10 di Malang

MALANG - Blackberry terus berjuang untuk mempertahankan dirinya di pasar smartphone dari gempuran Android dan Apple yang semakin merajalela. Salah satu usaha yang dilakukan oleh pihak RIM untuk mewujudkan rencana ini adalah dengan mengembangkan OS Blackberry 10 yang digadang-gadang lebih unggul dibandingkan dengan OS sebelumnya dan bahkan memiliki berbagai macam keunggulan.
Kecanggihan OS 10 ini kemarin digeber oleh Blackberry Content Designer and Community Leader, Deddy Avianto kepada Malang Post dalam acara Blackberry Media Gathering yang dilangsungkan di Ria Djenaka Café.
“OS 10 atau Blackberry 10 ini memiliki banyak keunggulan. Jika selama ini keunggulan yang dimiliki oleh BB adalah layanan BBM dan email, maka dengan OS 10 ini akan ready untuk game karena banyak variasi game yang ditawarkan serta lebih mumpuni dalam multimedia,” terang Deddy.
Mengenai game, laki-laki yang kemarin tampak santai mengenakan celana pendek dan kaos oblong warna hitam ini mengungkapkan, OS 10 ini lebih unggul. Sebab, OS ini telah mendapatkan respon yang positif dari beberapa produsen game ternama.
“Di BB yang memakai aplikasi OS 10 ini nanti, akan ada Angry Bird, Game Loft dan masih banyak lagi,” terangnya.
OS 10 ini nantinya dapat diaplikasikan pada smartphone full touchscreen sama seperti kebanyakan smartphone yang saat ini menggunakan WP 7.5, Android dan iOS. Maka dari itu, Deddy menyebutkan jika OS 10 ini lebih unggul dan mampu menyaingi Android.
“Sebab platform and device-nya lebih unggul dibandingkan dengan Android. Jika dulu BB berbasis pada Java, namun dengan OS ini memakai basis QNX yang merupakan OS yang sering diaplikasikan ke mobile-mobile premium. BB dengan OS 10 ini memiliki kinerja yang stabil sehingga lebih memuaskan user,” imbuh dia.
Deddy menambahkan, OS 10 ini rencananya baru akan dilaunching di Indonesia pada awal tahun depan mendatang. “Tepatnya masih kurang tahu. Antara bulan Januari hingga bulan Maret,” terangnya.
Lebih lanjut, Deddy mengungkapkan, bahwa OS 10 ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh developer setelah submit terlebih dahulu ke BB App World. Menurutnya, Kota Malang memiliki potensi developer yang cukup bagus, bahkan dinilai lebih tinggi dibandingkan Surabaya. (ayu/nda)