Laptop Ramping Harga Miring

MALANG – Bukan Acer namanya bila menyerah dengan persaingan pasar laptop Kota Malang. Vendor yang sempat jaya namanya di era 2010-2011 itu masih tetap bertahan dengan produk anyar seperti Acer Aspire One Ultra Book seri 756. Laptop ini menawarkan bodi ultra tipis dengan harga super murah.
Staf pengelola pameran Acer Matos, Arif Exice menegaskan, Acer mengandalkan bodi tipis ini untuk memancing segmen pengguna menengah ke atas. “Kalau mau dilihat, tampilan dan desain bodinya elegan dan menawan, cocok untuk eksekutif dan mahasiswa,” terang Arif kepada Malang Post kemarin (15/10).
Tapi, naif rasanya bila vendor asal Taiwan ini hanya mengedepankan model ultrabook yang super tipis. Karena itu, Acer menyematkan prosesor Intel Celeron 877 dengan clock speed hingga 1400 MHz, atau 1,4 GHz. Chip ini menjadi otak utama dalam menjaga kinerja Acer Ultrabook 756.
Urusan memori, Acer Ultrabook 756 telah disokong RAM berkapasitas 2 gigabit. Hal ini memberi ruang lega bagi dapur pacu laptop untuk memproses data. Belum lagi, Acer Ultrabook 756 juga disokong hardisk berukuran 320 gigabit. Dengan ini, pengguna bisa menyimpan berbagai file penting, seperti musik, video, game hingga program aplikasi.
Kekuatan grafisnya tak kalah mumpuni. Acer membenamkan kartu grafis Intel HD Graphics 3000. Praktis, kekuatan Ultrabook 756 dalam memainkan video berkualitas High Definition juga baik. “Yang pasti, laptop tipis ini bersaing dengan vendor lain soal spesifikasi,” tandas pria murah senyum itu.
Untuk tampilan interface dan homescreen, Acer menyematkan sistem operasi Windows 7. OS ini disediakan langsung untuk memudahkan user memakai laptop dengan banderol harga Rp 3,1 jutaan itu. Kerjasama Acer dan Microsoft ini membuat harga Ultrabook 756 bisa ditekan.
Ukuran layar tampilan ultrabook ini sekitar 11,6 inci. Resolusinya mencapai 1366 x 768 piksel. Dengan tipe layar LED-Backlit LCD, gambar yang ditampilkan cukup padat dan tidak akan berbintik. Meskipun tak dilengkapi teknologi touchscreen, kualitas layar secara keseluruhan tampaknya sangat memadai, khususnya dengan banderol harga tersebut.
Dengan berat sekitar 1,38 kilogram dan dimensi 285 x 27 x 202 milimeter, Acer Aspire One Ultrabook 756 sangat diandalkan oleh peserta pameran laptop di Matos untuk menggenjot penjualan dari segmen menengah.(fin/nda)