Indosat Cloud Resmi Mengudara

Jakarta – Setelah dilaunching beberapa  waktu lalu akhirnya Indosat cloud telah resmi 'mengudara'. Layanan komputasi awan yang ditawarkan anak usaha Qatar Telecom ini ingin menjawab kebutuhan klien korporat sehingga tak perlu lagi membangun data center nan mahal.
Awalnya, layanan cloud yang diluncurkan oleh Indosat ini memang hanya menyasar segmen korporat, namun tidak menutup kemungkinan pengguna retail juga dapat merasakan layanan cloud ke depannya.
"Ke depannya kami akan menyasar pengguna retail untuk layanan cloud ini, yang bisa digunakan untuk menyimpan file musik ataupun file pribadi lainnya," ujar Gidion Barus, Division VAS Head Indosat dalam acara diskusi santai dengan sejumlah wartawan di iCafe, Gedung Indosat Jakarta, Selasa (16/10) petang.
Apabila nantinya benar-benar diluncurkan untuk pengguna, layanan cloud memungkinkan penggunanya untuk menyimpan file-file pribadinya di dalam layanan cloud Indosat, dan bisa diakses kapanpun.
Namun sayangnya pengguna retail masih harus menunggu untuk merasakan layanan cloud dari Indosat ini. Sebab, sang operator seluler masih akan lebih memfokuskan layanan cloud-nya pada pengguna korporat.
Indosat cloud merupakan solusi komputasi awan yang diklaim aman, fleksibel dan glocal -- dimana Indosat cloud merupakan bagian dari jaringan cloud global dengan data center di Indonesia sesuai peraturan pemerintah tentang layanan ICT.
Layanan Indosat cloud ditujukan bagi berbagai macam industri, mulai dari sektor keuangan dan perbankan, manufaktur, pertambangan dan perminyakan, pelayanan publik, maupun industri kreatif dari skala kecil, menengah, maupun skala enterprise.
Bagi perusahaan kecil dan menengah, solusi Indosat cloud dikatakan bakal memberikan kemudahan instalasi perangkat keras atau lunak sehingga perusahaan dapat menikmati keuntungan percepatan bisnis.
Bagi perusahaan besar, yang pada umumnya telah memiliki infrastruktur teknologi informasi sendiri, solusi Indosat cloud menawarkan fleksibilitas infrastruktur dan penurunan biaya yang signifikan, yang pada akhirnya membuat perusahaan lebih leluasa bergerak untuk terus fokus pada dinamika bisnis tanpa terhalang oleh permasalahan IT.
Dengan pola sewa, perusahaan tidak perlu lagi biaya investasi dan biaya lisensi yang tinggi. Dengan layanan ini pula, perusahaan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan proses pengadaan, proses instalasi, dan proses integrasi infratrusktur.
Layanan Indosat Cloud Infrastructure as a Service (IaaS) mempunyai fitur pengaturan secara swalayan dan instant, sehingga pelanggan dapat mengelola administrasi infrastruktur IT nya sendiri.
Indosat cloud sendiri didukung dengan jaringan backbone carrier ethernet dan IP/MPLS yang handal dalam bentuk layanan Virtual Private Network (VPN) for private cloud, International IP Transit (INP) dan Domestic IP Transit (INIX) serta ditempatkan dalam Data Center Indosat bersertifikasi ISO-27001. (dtc/nda)