EOS 550D Diskontinyu, EOS 600D Melenggang

MALANG – Ditariknya seri EOS 550D dari peredaran Kota Malang tak mengurangi semangat pecinta fotografi Canon untuk berburu versi lanjutannya. Karena itu, kali ini giliran EOS 600D yang menjadi buruan mereka. Kamera seri ini cukup digemari karena memiliki beberapa kelebihan yang menonjol dibandingkan EOS 550D.
Staf pengelola Foto Pantai Jalan Merdeka Timur, Anggita mengungkapkan, Canon EOS 600D bukan pengganti dari EOS 550D. “Seri 600D memang lanjutan, tapi bukan pengganti. Karena ini memiliki bentuk yang beda dari EOS 550D,” ungkap wanita yang akrab disapa Anggi kepada Malang Post.
Canon EOS 600D diperuntukkan bagi entusias fotografi yang ingin merasakan sensasi kualitas foto yang lebih mumpuni ketimbang EOS 550D. Untuk itu, kamera DSLR ini telah dilengkapi kemampuan resolusi mencapai 18 megapiksel APS-C. CMOS sensor sangat membantu user dalam menghasilkan foto yang colorful.
“Canon itu dikenal bagus untuk urusan warna,” terang Anggi. Dengan prosesor Digic 4, Canon EOS 600D menawarkan ISO mulai 100 hingga 6400. Belum lagi, ISO 600D dapat diekspansi hingga menjadi 12800. Tentu hal ini menjadi salah satu kelebihan dari kamera yang bermain pada segmen menengah pemula.
Layar viewfindernya memiliki ukuran 7,7 sentimeter atau setara 3 inci. Dengan tipe layar clear view LCD dengan 1,04 juta dots, tampilan viewfinder EOS 600D memiliki engsel swivel yang membuatnya bisa diputar sesuai keinginan user. Kemampuan merekam full High Definition juga jadi keunggulan Canon EOS 600D.
”Sama seperti EOS 550D yang cukup mumpuni sebagai perekam video bertaraf HD, 600D juga memiliki kemampuan yang sama,” tandas Anggi. Menariknya, kemampuan rekam EOS 600D semakin menawan karena dilengkapi kontrol manual untuk menentukan kecepatan rekam gambar.
Kemampuan zoom dalam movie mode mencapai 10 kali pembesaran. Dengan New Scene Intelligent Auto exposure mode, fungsi pengambilan gambar full auto jadi semakin canggih dan menghasilkan gambar maksimal. Ada pula integrated wireless flash control untuk memudahkan user menjepret dengan flash tanpa harus memasangnya di atas kamera.
EOS 600D juga menjadi kamera DSLR pertama di kelas entry level yang menghadirkan built-in flash transmitter untuk memperluas ruang kreasi pengguna dengan berbagai lampu flash yang ditembakkan dari macam-macam posisi. “Banderol harganya sekitar Rp 6,1 jutaan,” pungkas Anggi. (fin/nda)