Peduli UKM, AXIS Berdayakan Blogger

MALANG – Perkembangan UKM di Indonesia tidak diragukan lagi memang sangat menjanjikan. Data dari Biro Pusat Statistik (BPS) mengindikasikan bahwa pada akhir 2011 lalu terdapat lebih dari 52 juta unit UKM di Indonesia. Menariknya, sebagian besar dari UKM di Indonesia berbasis layanan internet.
Memahami situasi ini, AXIS menggelar forum diskusi tentang Penggunaan Media Sosial untuk Mengembangkan UKM menjadi lebih mapan. Seminar dilangsungkan Jumat (19/10) malam di Ria Djenaka Cafe dan dihadiri puluhan anggota komunitas online, blogger serta media dari Malang dan Jatim.
Sebelumnya seminar serupa juga dilangsungkan di Jakarta. Seminar ini merupakan bagian dari program edukasi konsumen AXIS yang lebih dikenal sebagai program #eduAXIS, dan menjadi bagian dari peringatan Hari Blogger Indonesia ke-6 yang akan dirayakan 27 Oktober mendatang.
Chief Marketing Officer AXIS, Daniel Horan mengatakan, AXIS berkomitmen kuat untuk berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia, terutama dalam membina potensi kreatif dan inovatif kaum muda. Program #eduAXIS memberikan kesempatan kepada anak-anak muda untuk belajar bersama dengan cara kreatif.
”Akses ke internet seharusnya tidak berbeda dengan akses ke air bersih, mudah dan terjangkau untuk semua masyarakat. Di AXIS, kami percaya dengan mengingkatkan ketersediaan akses internet akan meningkatkan angka PDB negara ini,” ujar Daniel.
Dalam seminar tersebut AXIS mendatangkan tokoh-tokoh yang berpengalaman seperti CEO SITTI, Andy Sjarif dan pemilik Aremafood.com, Dyah Purana. Kedua narasumber ini membagi pengetahuan dan pengalaman mereka serta berdiskusi dengan para pengusaha muda yang hadir dalam forum.
”Para blogger yang sehari-hari bersentuhan dengan internet sebenarnya bisa menjadi mitra UKM untuk memasarkan produk mereka. Di Malang, ada banyak sekali UKM yang membutuhkan mitra dari kalangan blogger. Saya sendiri mendirikan Aremafood.com tanpa memiliki usaha UKM sendiri. Saya melibatkan banyak UKM, khususnya keripik tempe dan buah,” terang Dyah membagi pengalamannya.  
AXIS sendiri telah melakukan langkah nyata dalam mengembangkan UKM di tanah air. Beberapa waktu lalu AXIS menggelar kompetisi entrepreneur dengan hadiah berupa modal sebesar Rp 25 juta. Hingga kini, pemenang dalam lomba tersebut telah berhasil menjalankan dan membesarkan usahanya. (nda)