Usung Jalur CDMA 3G

MALANG – Pesona BlackBerry memang tak ada habisnya. Cukup berkuasa di pasar GSM, gadget Research In Motion itu juga masih eksis di pasar CDMA. Mengusung seri BB Pearl filp 8230, perusahaan gadget yang memiliki pangsa tinggi di Indonesia itu ingin menyediakan jaringan yang kuat bagi user.
Staf pengelola X Station, Rosida menerangkan, Pearl 8230 flip telah didukung teknologi CDMA 3G. “Tapi sebatas ikon 3G saja, tidak sepenuhnya, jaringannya cukup bagus kok, seperti BlackBerry CDMA berkualitas 3G yang utuh,” ungkap wanita yang akrab disapa Rosi kepada Malang Post kemarin.
Bermain pada jaringan 800/1900/2000 1x EVDO (3G), kecepatan datanya mencapai 153,2 kbps. Gadget yang juga memiliki versi GSM itu menawarkan bodi flip clamshell dengan desain elegan. Mengusung ukuran 101 x 50 x 17,5 milimeter dan bobot 102 gram, sekilas Pearl flip 8230 tampak seperti mengusung keypad alfanumerik klasik.
Tetapi, jika diamati, maka BB ini mengusung half qwerty keyboard.  “Bentuknya saja yang seperti alfanumerik, tapi keyboardnya tetap qwerty,” terang Rosi. Bodi tersebut membalut layar dengan resolusi 240 x 320 piksel. Ukuran layar 2,6 inci menyuguhkan kualitas grafis berkekuatan 65 ribu warna.
Ada pula penunjuk jam sekaligus layar sekunder yang terletak di bagian depan ponsel. Sayangnya, BlackBerry ini tidak disokong WLAN, GPRS maupun EDGE. Semua koneksi internet bergantung sepenuhnya pada jaringan RIM yang teraktivasi saat pertama kali memakai Pearl Flip.
Rosi menyebutkan, kelemahan lain dari seri 8230 CDMA adalah keterbatasan fungsi BBM-nya. ”Kalau masih default, BBM-nya gak bisa menampilkan Profile Picture jadi hanya kelihatan nama, user harus mengupgrade BBM ke versi yang lebih tinggi,” terang wanita ramah itu.
Untuk kapasitas penyimpanan, BB Pearl Flip 8230 dibantuk memori internal 128 megabit. Rosi menyarankan user tak memakai memori ini, tetapi menggunakan microSD untuk memperbesar memori eksternal hingga 8 gigabit. Dengan begitu, pengguna bisa menyimpan cukup banyak data.
Pasalnya, BlackBerry menyediakan pemutar video dengan format mp4. “Ada juga music player berformat mp3, ini bisa memainkan file musik favorit user,” sambungnya. BlackBerry dengan banderol harga Rp 650 Ribuan itu juga dilengkapi Bluetooth A2DP, USB versi mikro dan kamera 2 megapiksel beresolusi 1600 x 1200 piksel.(fin/eno)