Bermain di Jaringan HSDPA 3,5G

MALANG – Treq Mobile masih tetap bertahan di segmen menengah ke bawah pasar tablet Kota Malang. Memasuki kuartal keempat  tahun 2012, vendor lokal itu menelurkan tablet Treq 3G Basic yang mengusung bodi menawan dengan harga sepadan untuk ukuran pasar mid end.
Team Leader Sales Murakom Dieng Computer Square, Ardi memaparkan, prosesor Treq 3G Basic dilengkapi seri MTK 6573. “Kecepatannya sekitar 650 MHz, itu sudah didukung juga oleh kartu grafis tipe Power VR yang memaksimalkan kualitas grafis tablet,” terang Ardi kepada Malang Post kemarin.
Kinerja tablet dengan RAM 512 megabit itu sudah memenuhi standar dengan dua spesifikasi utama ini. Kecepatan pemrosesan datanya cukup tinggi, sementara kualitas grafisnya tak kalah dengan tablet-tablet lain. Jika kinerja dapur pacunya masih setara dengan pesaing, soal jaringan, Treq 3G Basic lebih unggul. Tablet ini telah bermain dalam jaringan HSDPA 3,5 G. Kecepatan datanya pun telah mencapai 3,6 Mbps, sehingga kualitas jaringannya boleh diadu dengan tablet berharga lebih mahal.
Mengusung teknologi dual simcard, Treq 3G Basic juga bermain di jaringan WCDMA 2100. Sementara itu, jaringan 2G telah disokong GSM 850/900/1800/1900. ”Treq 3G Basic bisa dibuat telepon dan SMS, pasalnya sekarang semua produk tablet dituntut pasar bisa melakukan lebih. Kalau tidak bisa buat telepon, orang jarang mau beli,” sambung pria ramah tersebut.
Ardi melanjutkan, tampilan tablet ini didorong layar berukuran 7 inci dengan resolusi tinggi. Teknologi kapasitif touchscreen menyertai Treq 3G Basic untuk memudahkan user dalam memilih aplikasi lewat sentuhan jari. Homescreen dan widget menunya telah dihiasi sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS).
Dukungan gravity sensor tipe four dimensional gravity sensing akan mencegah homescreen terbalik.  
Ardi melanjutkan, untuk urusan memori, Treq 3G Basic didukung memori eksternal yang bisa diekspansi hingga 32 gigabit. ”Memori internalnya jangan diutek-utek, karena bisa memperlambat kerja tablet, semua file sebaiknya disimpan dalam memori eksternal,” tutur Ardi.
Treq menyediakan WiFi built in seri 802.11 dengan tethering dan portable hotspot. Disokong bluetooth, user bisa bertukar data dengan gadget lain. Ada juga FM Radio bagi pengguna yang sedang butuh hiburan musik. Kamera 2 megapiksel juga mendukung fungsi fotografi Treq 3G Basic yang dibanderol harga Rp 1,399 jutaan. “Kami menyediakan bonus simcard IM3 dengan internet gratis 3 bulan,” pungkas Ardi.(fin/nda)