Daya Lebih Hemat Berkat Ivy Bridge

MALANG – Dominasi vendor laptop asal Taiwan Asus memang tak terbendung di Malang. Produk entry level hingga premium sangat diminati pasar teknologi Malang. Satu diantaranya adalah Asus N46VM yang dikategorikan laptop premium dengan spesifikasi mewah.
Staf pengelola Exice Komputer, Nana Mardiant memaparkan, Asus menyematkan teknologi prosesor Intel Core Ivy Bridge. ”Ukuran mikroprosesornya hanya 22 nanometer, banyak manfaat yang diberikan prosesor ini dibanding Sandy Bridge, pendahulunya,” terang Nana kepada Malang Post kemarin.
Kelebihan utama dari Intel Core Ivy Bridge adalah konsumsi daya yang lebih hemat 50 persen. Praktis daya tahan baterai dari Asus N46VM jauh lebih awet ketimbang seri pendahulunya. Prosesor ini, kata Nana, juga mengangkat performa dapur pacu laptop hingga 15 persen.
”Kemampuan grafisnya meningkat pesat,” tutur wanita berambut panjang itu. Hal ini dimungkinkan karena Asus sudah membenamkan Intel Core i7 dengan quad core berkecepatan 2,3 GHz. RAM-nya berukuran 2 gigabit dan didukung kartu grafis NVIDIA GeForce seri GT630M.
Nana menyebutkan, Asus N46VM disebut sebagai laptop multimedia karena mampu memaksimalkan fungsi aplikasi hiburan seperti game. Karena itu, banyak kalangan gamer sangat menggemari laptop ini. Layar High Definition berukuran 14 inci pun menyokong kebutuhan tampilan prima bagi game berat. Ditunjang dengan resolusi layar yang mencapai 1366 x 768 piksel. ”Untuk game rasanya laptop ini salah satu paling mumpuni di kelas menengah,” tandas Nana.
User juga tak perlu khawatir soal kapasitas memori. Asus menjejalkan memori internal berukuran 4 gigabit untuk ruang pemrosesan data. Hard disk-nya juga punya kapasitas fantastis. Ukuran 750 gigabit atau tiga perempat terabit sanggup menyimpan berbagai file penting milik user, seperti aplikasi, software, file musik hingga video. Karena itu, laptop bisa meningkatkan kemampuan komputasi tanpa dibebani tambahan file storage.
Kemampuan nirkabel Asus N46VM juga mumpuni. “Ada WiFi yang punya jaringan stabil hingga 300 meter dari hotspot,” tuturnya. Dengan sistem operasi Windows 7 Home Premium, Exice membanderol laptop ini seharga Rp 7,65 jutaan, sudah termasuk speaker eksternal, mouse optic orisinil, pelindung layar dan pelindung keyboard.(fin/nda)