XL Tunai Kebanjiran Peminat

Jakarta - Transaksi uang digital alias e-money melalui layanan seluler terus mengalami pertumbuhan signifikan. Salah satunya dialami oleh XL melalui layanan XL Tunai yang kebanjiran peminat.
Operator seluler anak usaha Axiata ini semula hanya menargetkan 150 ribu pengguna e-money XL Tunai sejak kali pertama dikomersilkan awal 2012 lalu. Namun seiring berjalannya waktu, target itu terpaksa direvisi.
"Sekarang pengguna XL Tunai sudah hampir 200 ribu dengan rata-rata growth 30% per bulan. Karena perjalanan hingga akhir 2012 masih ada beberapa bulan lagi, kami yakin masih bisa menambahnya jadi sekitar 600 ribu pengguna," kata Direktur Commerce XL Axiata, Nicanor V Santiago III, di Planet Hollywood, Jakarta, Selasa (23/10).
Untuk memperkuat basis pelanggan XL Tunai, XL dalam kesempatan ini juga mengumumkan penambahan jumlah merchant penerima serta fitur yang bisa dimanfaatkan pelanggan. Di antaranya kerja sama dengan jaringan Alfamart, kerja sama dengan BII untuk pengiriman dan penarikan dana ke jaringan bank dan semua jaringan ATM Bersama, Prima, dan Alto, serta kerja sama dengan Blibli.com untuk online shopping.
Dengan kerja sama ini, XL menargetkan hingga akhir 2012 akan memiliki total 12 ribu lokasi merchant. Saat ini XL telah memiliki lebih dari 8.000 outlet merchant dan agen pulsa yang menjadi ujung tombak layanan e-money XL Tunai.
"Dengan kemitraan bersama Alfamart saja kami memiliki 6.000 outlet yang sudah bisa dipakai untuk transaksi penerimaan uang dan penarikan dana serta belanja," papar Nicky, panggilan akrab Nicanor.
Selain memperkuat kemitraan bersama para merchant, XL juga menambah fitur layanannya. Saat ini XL Tunai memiliki tujuh fitur. Yakni cash in dan cash out untuk menerima deposit dana maupun menariknya, baik secara cash maupun lewat jaringan ATM, kemudian isi pulsa, pembayaran belanja online, pembayaran tagihan secara online, pembayaran di toko, dan pengiriman domestik melalui remittance.
"Mayoritas transaksinya masih untuk isi pulsa sama bayar tagihan PLN, pembayaran tiket pesawat, dan lainnya. Lainnya bisa untuk transfer uang mulai dari Rp 10 ribu hingga maksimal Rp 5 juta," tukas Nicky. (dtc/nda)