Bersaing dengan Saudara Kembar

MALANG – Cross Mobile terus berkembang memenuhi kebutuhan pasar entry level yang konsumtif. Segmen menengah ke bawah yang cenderung instant membuat vendor lokal itu meluncurkan seri terbaru dengan banderol harga sekitar Rp 500 ribuan, yakni dua bersaudara Cross CS1 dan Cross CS2.
Staf pengelola Swisscomm, Mirza Ritonga mengungkapkan, dua seri ini memiliki spesifikasi yang mirip. “Karena Cross touchpad CS1 merupakan generasi pertama dari Cross touchpad CS2, dari segi harga pun tak jauh berbeda, hanya terpaut sekitar Rp 100 ribu saja,” terang Mirza kepada Malang Post.
Cross touchpad CS1 memberikan sistem dual sim card seperti kebanyakan ponsel lokal. User bisa memperluas jaringan dengan dua nomor aktif tersebut. Jaringan GSM tersebut menyediakan koneksi internet berbasis GPRS EDGE. User bisa memakai aplikasi push mail dan aplikasi seperti E-Buddy chatting group dengan internet tersebut.
Google Map dan kamus online bisa diakses lewat jaringan ini. Kamera Cross touchpad CS1 terletak pada depan dan belakang bodi. Resolusi 3 megapiksel menyertai kamera utama belakang, sementara bagian depan disokong ukuran 1,3 megapiksel. Memori internal memang tak bisa diharapkan, tapi Cross sudah menawarkan slot memori eksternal.
Layarnya beresolusi 480 x 320 piksel touchscreen dengan ukuran layar 3,5 inci HVGA. Baterai BP-4L 1450 mAh dan bluetooth A2DP serta webcam menyertai gadget seharga Rp 470 ribu tersebut. “Semua ini juga dimiliki oleh Cross touchpad CS2, tapi ada perubahan sedikit,” papar Mirza.
Cross Touchpad CS2 didorong kartu GSM 2 kartu dengan jaringan internet GPRS EDGE. Kameranya juga sama dengan seri touchpad CS1, yakni 3 megapiksel pada bagian belakang dan 1,3 megapiksel pada bagian depan yang dapat dipakai untuk melakukan video call.
Yang membedakan, Cross touchpad CS2 dilengkapi layar berukuran 4 inci HVGA. Sensitivitas layar dengan resolusi 480 x 320 piksel itu dibantu teknologi touchscreen resistif. Sementara itu, berbagai aplikasi seperti modem, usb hingga koneksi internet cepat jadi kelebihan dari CS2.
Di samping keunggulan-keunggulan CS2 tersebut, kedua gadget adalah saudara kembar siam. “Harga CS2 hanya Rp 545 ribu, bedanya tak sampai Rp 100 ribu, tinggal pilih mau layar yang mana,” pungkas Mirza.(fin/nda)