WhatsApp Ancam BBM

MALANG – Aplikasi chatting WhatsApp bukan barang aneh bagi pengguna Android di Kota Malang. Memiliki fungsi dasar yang mirip dengan chatting milik Research In Motion (RIM) BlackBerry Messenger, WhatsApp sudah menjadi pilihan terkini kalangan pengguna gadget, termasuk pemakai BB.
Pengguna Samsung Galaxy SII, Andrea Nadifa mengaku sudah lama menggunakan WhatsApp. Selain membantu komunikasi dengan lebih mudah, chatting menggunakan ini tidak berbayar. “Soalnya enak, bisa kirim teks tanpa bayar, gratis,” ungkap Andra, sapaan akrabnya.
Mahasiswi salah satu PTN di Kota Malang itu menganggap aplikasi ini produk terbaik dari Android. Andra lebih menggemari WhatsApp ketimbang BlackBerry karena aplikasi pesan ini dapat bermain di jalur smartphone. Aplikasi ini tak terbatas pada pengguna satu brand tertentu saja, misalnya Samsung, tetapi lebih bersifat lintas platform. WhatsApp Messenger memakai data internet untuk berkoneksi dengan pengguna WhatsApp lain, sama seperti email.
Meskipun gratis, WhatsApp Messenger harus memiliki koneksi 3G atau WiFi agar bisa mengirim teks tanpa menggunakan biaya. Staf teknis Global Teleshop Matos, Shanda Dani menerangkan, user tak terbatas menggunakan WhatsApp untuk chatting saja. “Bisa kirim file, termasuk sharing foto dan video,” papar Shanda kepada Malang Post.
Sejatinya, WhatsApp adalah aplikasi yang dijalankan di platform iPhone, yakni iOS. Tetapi, ternyata WhatsApp menerima atensi yang luar biasa dari para pengguna gadget. Karena itu, sekarang aplikasi chatting messenger itu bisa digunakan di Windows Phone, BlackBerry OS, Android, OS Series 40 hingga Symbian.
Sanggup menampung dua miliar pesan pada bulan April 2012, aplikasi WhatsApp berkembang pesat hingga mampu mengakomodasi 10 miliar pesan tiap harinya di seluruh dunia, terhitung Agustus 2012 lalu. Popularitas WhatsApp di Kota Malang sendiri semakin menggeser BlackBerry Messenger yang selama ini diagung-agungkan oleh pengguna gadget.
“Kalau BBM kan tergantung server RIM, sedangkan WhatsApp ini sepenuhnya pada jaringan 3G internet, tentu lebih bebas,” tutur Shanda.
Pecinta gadget yang belum menjajal WhatsApp bisa mencobanya setelah mendownload dari masing-masing platform. Jika BBM terbatas oleh PIN, maka WhatsApp bisa menginvite teman baru dengan memasukkan nomor ponsel saja.(fin/nda)