Andalkan Android Ice Cream dan Layar kapasitif

MALANG – Pasar tablet Malang terus bergeliat mendekati akhir tahun 2012. SpeedUp, vendor lokal yang tergolong pemain baru di pasar tablet mengincar segmen menengah ke bawah dengan meluncurkan seri Pad Pro. Komputer tablet itu mengandalkan sistem operasi Android 4.0 dan layar kapasitif.
Staf pengelola Apollo Celluler, U’un menerangkan, sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) membuat tampilannya lebih berwarna. ”Tampilannya jadi seperti Notenya Samsung, karena sama-sama pakai Android. Tapi tentu speknya jauh beda,” ungkap U’un kepada Malang Post.
Lewat OS Android 4.0 ICS, homescreen dan widget menu SpeedUp Pad Pro cukup menawan dan mudah digunakan. Tingginya penggunaan Android di hampir semua platform smartphone dan tablet membuat user tidak gamang ketika memakai SpeedUp Pad Pro untuk pertama kalinya.
U’un menerangkan, demi menyokong kinerja sistem operasi, pengembang tablet menyematkan prosesor single core Qualcomm Snapdragon S2 berkecepatan 1,4 GHz. ”Kalau dibandingkan dengan tablet lainnya, kinerja SpeedUp saya rasa tidak kalah, lagipula segmennya memang kelas menengah” papar U’un.
Dibanderol dengan harga Rp 2,3 jutaan, SpeedUp Pad Pro di menyediakan RAM berukuran 512 megabit. Sokongan memori internal sebesar 4 gigabit beserta memori eksternal 4 gigabit dari microSD dianggap cukup mumpuni dalam mengimbangi kinerja dapur pacunya.
Selain itu, tablet ini juga mengikuti tren pasar karena sudah bisa dipakai telepon dan SMS. ”Jaringannya cukup bagus,” lanjutnya.
Seperti komputer tablet pada umumnya, SpeedUp Pad Pro juga dipersenjatai kamera utama beresolusi 3 megapiksel. Sementara itu, webcam yang menghadap ke depan berukuran 0,3 megapiksel.
Layarnya berukuran 7 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel. Disokong teknologi multitouch, layar SpeedUp Pad Pro sensitif terhadap sentuhan karena mengusung teknologi kapasitif. Semua kemampuan dan spesifikasi ini didukung sepenuhnya oleh baterai berukuran 3600 mAh dengan waktu standby 200 jam. ”Tambahan aplikasinya seperti bluetooth, mini HDMI, WiFi serta Adobe Flash,” pungkasnya.(fin/nda)