Reboot, Pertolongan Pertama Pada Kerusakan Kamera

MALANG – Problema kamera BlackBerry error banyak dihadapi oleh user dan para teknisi. Pasalnya, kamera sudah menjadi kelengkapan wajib agar BBM bisa maksimal. Untuk itu, Omega Cell berbagi beberapa tips sederhana mengatasi permasalahan kamera Blackberry.
Staf teknisi Omega Cell, Septian memaparkan, biasanya kamera BlackBerry yang bermasalah akan memunculkan pesan bahwa kamera error. “Tapi kerusakan pada kamera BlackBerry itu bermacam-macam, tiap masalah punya cara sendiri untuk penyelesaiannya,” ungkap pria yang akrab disapa Tian kepada Malang Post.
Beberapa problem yang terjadi adalah layar yang blank putih ketika menjalankan aplikasi kamera. Ada pula hasil foto kamera yang tidak fokus atau ngeblur. Tetapi, masalah yang paling sering dialami oleh para pengguna BlackBerry adalah hasil foto yang tidak bisa disimpan dalam memory eksternal microSD card maupun memori internal.
“Biasanya di layar langsung muncul tulisan File System Error,” terang Tian.
Kendala ini, kata Tian, bisa terjadi karena adanya kerusakan dan permasalahan pada sistem operasi BlackBerry, sehingga fitur dan aplikasi standar seperti kamera tidak bisa bekerja dengan baik. Karena itu, cara reboot kadang menjadi opsi darurat yang dapat segera dipraktekkan user.
Caranya, coba lakukan reset BlackBerry Anda dengan mencabut baterai. Setelah pasang baterai kembali, berikan waktu untuk reboot secara sempurna sekitar 20 menit. Setelah itu, baru user boleh mencoba menggunakan kamera BlackBerry lagi. Cara ini seharusnya bisa memperbaiki error tersebut.
“Kalau masih tidak bisa coba lagi beberapa kali cabut baterai dan tunggu agak lama untuk system reboot/restore,” terang Tian.
Jika cara darurat pertama belum bisa menyembuhkan kamera error, maka user harus melakukan wipe data. Ada kemungkinan file system error di OS sudah lebih parah.
Untuk melakukan wipe aplikasi dan file yang ada di device BlackBerry, masuk ke dalam Option >> Security Options >> Security Wipe. Di situ ada 3 pilihan, pilih wipe/delete emails, contacts, user installed applications dan media card. Lalu, ketik blackberry untuk konfirmasi wipe handheld.
“Agar data tidak hilang, sebaiknya memori eksternal dilepas dulu dan kontaknya di backup, baru dilakukan wipe,” tandasnya. Jika masih belum bisa fix, maka OS harus di-install ulang atau di-upgrade.(fin/fia)