Note 2 Mulai Bidik Profesional

MALANG– Keberadaan tablet dan gadget note sudah dianggap penting oleh kalangan retailer dan distributor karena pangsa pasar yang menjanjikan. Produk seperti Samsung Galaxy Tab 2 10.1 atau Galaxy Note 2 pun membanjiri pasar teknologi. Tetapi, sejatinya belum banyak orang yang tahu tentang perbedaan antara tablet dan note. Supervisor Area Malang Samsung Mobile, Andy Suprapto mengungkapkan, meskipun serumpun, tablet dan note memiliki ukuran yang berbeda. “Kita ambil contohnya Tab 2 10.1 dan Note 2 10.1, dua gadget ini sama-sama touch screen, operating systemnya pun sama Android, tapi ukurannya sudah beda,” ungkap Andy kepada Malang Post kemarin.
Sederhananya Tablet PC adalah komputer mobile, yang bisa dibawa kemana-mana, lebih daripada laptop. Karena itu, ukuran layarnya selalu lebar dan disokong layar sentuh, alih-alih memakai keyboard fisik. Komputer tablet, kata Andy, dibuat untuk memberikan entertainment.
”Karena itu, tablet PC seperti Tab 2 10.1 lebih fokus pada game, video dan fungsi hiburan lain,” katanya. Praktis, segmen yang disasar oleh tablet PC pun berbeda dengan note. Komputer tablet menjangkau pengguna dari kalangan anak muda dan pengguna pemula di kelas menengah.
Sementara itu, note sering disebut sebagai Phablet, singkatan dari smartphone dan tablet PC. Singkatan ini muncul karena fungsi Note yang menggabungkan antara kekuatan smartphone dan kelebihan tablet PC.
Contoh yang paling lazim dipakai untuk mendeskripsikan phablet adalah Samsung Galaxy Note dan Galaxy Note 2. Namun demikian, Samsung Mobile juga telah membuat gebrakan dengan meluncurkan Note 2 10.1 inci yang secara otomatis membawa kata ”Note” ke level yang berbeda. ”Gadget seperti Note 2 10.1 inci itu bergerak di segmen yang berbeda dengan tablet, karena spesifikasi dan fasilitas yang ditawarkan jauh lebih canggih dari semua produk,” terang Andy. Produk teknologi seperti Note 2 10.1 inci dan Note 2 menjangkau segmen profesional yang membutuhkan gadget super untuk memaksimalkan kerja. Note 2 10.1 inci dilengkapi fitur S Pen serta integrasi Photoshop yang mendukung profesi kalangan arsitek, desainer hingga akademisi ilmu eksakta.
“Note 2 10.1 inci memiliki S Pen, bisa membuat sketsa, menggambar kreatif, visualisasi ide desain. Konsep oret-oretan akan dibantu Shape Match, sehingga garis dan bentuknya secara otomatis terkoreksi, ada juga fitur pengenal rumus matematika atau fisika,” tambah Andy.
Note juga dilengkapi S Planner yang mempermudah kinerja kalangan pebisnis. “Hal ini yang membuat semua produk Note tak ada lawannya, belum ada gadget lain yang mampu di-head to head-kan dengan Note 2 10.1 inci, karena produk Samsung ini masih satu-satunya,” papar dia. (fin/mar)