Saudara Muda Muncul, iPad 2 Promo Harga Murah

MALANG– Pamor tinggi milik generasi tablet Apple Inc, yakni Mini iPad membuat distributor dan retail gadget di Malang sedikit “keder”. Gadget Apple generasi lawas semacam iPad 2 pun buru-buru digelontor promo harga murah. Tujuannya tentu menghabiskan stok sebelum saudara mudanya, Mini iPad masuk ke Indonesia. Jika sudah resmi dijual di Indonesia, maka para reseller dan distributor gadget akan memperbanyak stok Mini iPad. Pasalnya, banderol harga tablet berukuran 7,9 inci itu sangat terjangkau. Saat dirilis, Mini iPad dipatok harga USD 329 atau setara Rp 3,125 jutaan untuk jenis memori 16 gigabit.
Mini iPad diprediksi bakal laris karena sudah dilengkapi spesifikasi yang mumpuni. Tablet ini telah diberkahi layar beresolusi 1024 x 768 piksel. Layar ini setara dengan display layar iPad 2. Prosesornya pun tinggi, yakni dual-core A5. Konektor terbaru yakni Lightning Connector.
Fitur ini bisa dipakai untuk berbagai keperluan, seperti mengisi ulang baterai, sinkronisasi data hingga menyambung output audio ke device lain. Mini iPad juga disokong iSight Camera dengan resolusi 5 megapiksel, serta kamera depan FaceTime HD beresolusi 1,2 megapiksel.
Dengan spesifikasi seperti ini, tidak heran para distributor sibuk menghabiskan stok, termasuk iPad 2. “Kita gelontor harga murah iPad 2. Banderolnya tak sampai Rp 5 juta,” terang Staf Pengelola Exice Komputer, Nana Mardiant. Dalam promo tersebut, user bisa mendapatkan iPad 2 dengan banderol harga hanya Rp 4,5 juta setelah memenuhi beberapa syarat yang berlaku.
“Tentu ada syaratnya, coba datang saja ke outlet,” ungkap Nana, panggilannya. User bisa membawa pulang iPad 2 yang telah dilengkapi aplikasi Jail Break untuk memodifikasi tablet ini sesuai keinginan. Kendati demikian, tablet Apple Inc ini sudah memiliki spesifikasi mumpuni jika dipakai untuk kelas menengah.
Tablet iPad 2 ini lebih tipis dan dua kali lebih cepat dari generasi pertama. Bahkan, beberapa user menyebut iPad 2 itu jauh lebih baik daripada The New iPad yang konon sering menyulitkan user dengan problem teknis. iPad 3 dilengkapi kamera belakang dan depan sehingga bisa digunakan untuk video konferens. Apple Inc menyematkan chip A5 dengan prosesor dual core. Teknologi ini masih kalah dengan tablet quad-core milik Galaxy Note 2 10.1. Tapi kalau diadu soal harga, iPad 2 tentu jadi pemenang. Saat ini Galaxy Note 2 10.1 masih dipatok harga diatas Rp 7 juta. iPad 2 juga memiliki kekuatan grafis yang lebih cepat dibanding seri pertama.
Tebalnya hanya 8,8 milimeter, sementara beratnya hanya 1,3 pound atau 0,65 kilogram.
Daya tahan baterainya pun kuat hingga 10 jam. Mode standby bisa mencapai lebih dari satu bulan sebelum perlu diisi ulang lagi. Nana menambahkan, iPad 2 yang tersedia dengan harga Rp 4,5 juta adalah seri warna white dengan WiFi dan memori berukuran 16 gigabit. “Harga semakin turun karena Apple sudah mengeluarkan iPad Mini,” pungkasnya. (fin/mar)