Narsis Lewat Instagram

MALANG– Siapa yang tidak tahu Instagram? Pengguna smartphone Apple dan Android tentu sangat familiar dengan gadget yang diakuisisi oleh Facebook senilai USD 1 miliar (Rp 9,5 triliun) pada April 2012. Instagram adalah media sosial yang mengangkat program sharing foto secara bebas di antara sesama anggota. Staf CS Global Teleshop Mall Olympic Garden (MOG), Adhistra Rizky menerangkan, media sosial Instagram hanya bisa dipakai di ponsel berbasis Android atau iOS saja. ”BlackBerry hingga sekarang sepertinya tidak kebagian popularitas dari Instagram. Hanya Android dan Apple,” terang Adhis, sapaan akrabnya.
Dia menjelaskan, Instagram memberikan layanan kepada user untuk mengambil gambar dan menerapkan filter digital pada hasil foto. Setelah itu, hasil jepretan yang telah diedit dengan filter bisa dibagikan kepada pengguna Instagram lain yang terkoneksi secara jaringan. Ada banyak fitur dan filter yang ditawarkan oleh aplikasi mirip jejaring sosial ini. Versi teranyar dari Instagram memiliki belasan filter spesial bagi user. Sebut saja, X-Pro II, Earlybird, Lo-fi, Sutro, Toaster, Brannan, Valencia, Inkwell, Walden, Hefe, Nashville, 1977 hingga Lord Kevin. ”Semua filter memberi efek gambar yang berbeda-beda, intinya media sosial ini sangat cocok bagi yang narsis,” terang wanita berparas manis ini.
Fitur-fitur yang diberikan juga bermacam-macam. Ada Instamap (tersedia di iPad) yang berfungsi menemukan foto berdasarkan lokasi dari hashtag, fungsi standar Foursquare. Ada pula fungsi 100 Cameras in 1 (tersedia di iPhone) yang menyediakan efek tambahan untuk foto-foto yang di upload ke Instagram. Statigr.am adalah aplikasi gratis yang menyediakan statistik pribadi tentang Instagram user, termasuk jumlah followers, likes dan comment, hingga statistik penggunaan Instagram. Photoflow memungkinkan user Instagram untuk login ke akunnya dari komputer serta melihat profile layaknya Facebook maupun Twitter.
“Hasil foto Instagram juga bisa diprint, lewat fitur Instaprint,” sambung Adhis. Ibu satu anak ini menerangkan, media sosial yang pernah memecahkan rekor didownload sebanyak 1 juta kali dalam kurun waktu kurang dari sehari itu sangat digemari oleh kalangan user yang datang ke outlet. Aplikasi ini bisa didownload di App Store Apple maupun Google Play milik Android secara gratis. (fin/mar)